Wednesday, February 17, 2016

Obsessive Compulsive

Membaca buku psikologi sudah ku lakukan sejak remaja. Membaca artikel-artikel yang berkaitan dengan psikiater juga sering aku lakukan. Terutama yang mengenai kepribadian dan karakter seseorang.

Terutama kepribadian dan karakter orang yang cenderung perfeksionis, teratur dan jika apa yang sudah direncanakan tidak berjalan dengan sesuai yang diinginkan maka akan ada rasa bersalah mendalam dan keinginan kuat untuk mengulangi pekerjaan tersebut.

Contoh kepribadian dan karakter diatas disebut dengan Obsessive Compulsive. Apa itu Obsessive Compulsive? Berikut akan dibahas mengenai definisi dari Obsessive Compulsive dari beberapa artikel.


Definisi Obsessive Compulsive 1
Obsessive Compulsive adalah gangguan kepribadian yang ditandai dengan kekakuan saat berhubungan dengan orang lain, cenderung perfeksionis, sangat teratur dan sulit mengekspresikan perasaan. Apa yang mereka lakukan selalu gagal memenuhi harapan mereka dan mereka selalu memaksa diri untuk mengerjakan ulang pekerjaan mereka. Mereka selalu membuat daftar prioritas tugas dengan sistematis namun tidak pernah memulai. Mereka sulit menikmati waktu rekreasi karena memikirkan biaya dari aktivitas senggang dan cenderung tidak memiliki rasa humor.

Definisi Obsessive Compulsive 2
Gangguan obsesif kompulsif termasuk dalam kelompok gangguan cemas. Obsesif sendiri merupakan suatu pikiran yang sifatnya berulang-ulang, sangat sulit untuk dikendalikan dan terus-menerus muncul di dalam pikiran penderitanya. Pikiran ini dapat hanya merupakan suatu bayangan atau keinginan melakukan sesuatu atau dapat juga berupa kalimat atau kata-kata. Sementara kompulsif adalah tindakan yang dilakukan untuk meredakan kecemasan yang ditimbulkan oleh pikiran obsesif sehingga kecemasan itu dapat dikurangi. Umumnya di awal masa gangguan, pasien masih mampu menangani pikiran tersebut dan menyadari bahwa pikiran obsesif yang dialaminya bersifat tidak berdasar sehingga biasanya pikiran tersebut berusaha ditekan atau dibiarkan saja namun bila mana akhirnya kecemasan yang ditimbulkan pikiran obsesif semakin meningkat, maka disitulah biasanya muncul suatu perilaku kompulsi.

Definisi Obsessive Compulsive 3
Obsessi compulsive adalah gangguan yang menyebabkan ketidak berdayaan karena dapat menghabiskan waktu dan rutinitas norma seseorang, fungsi pekerjaan, aktifitas social, atau hubungan dengan teman atau anggota keluarganya. Hal ini muncul ketika ia mampu memutuskan kaitan antara muncul pemikiran secara intens dan tidak diikuti dengan prilaku tertentu dan sulit untuk dikontrol.


Sumber :
http://randomalienbrownpink.blogspot.co.id/2015/02/gangguan-kepribadian.html
https://psikiaterku.wordpress.com/tag/obsessive-compulsive/
http://romiariyanto.blogspot.co.id/2011/03/obsessive-compulsive.html