Sunday, January 6, 2019

Memperbaiki Bluetooth

Selepas liburan kegiatan yang tidak kalah penting meski tidak mendesak banget adalah memindahkan foto dari HP ke komputer. Biasanya aku menggunakan yang paling simpel yaitu mencolokkan dengan kabel data atau mendownload via Mi Cloud.

Namun karena sesuatu hal aku pengen mencoba menggunakan Bluetooth.


Semula perpindahan file foto semasa liburan lancar, namun tiba-tiba setelah file ke 294, terjadi error. Bluetooth tidak bisa dipergunakan lagi sehingga perpindahan file foto juga terhenti seketika. Aku coba menekan tombol Bluetooth ke ON namun tidak bisa.

Aku coba melihat cara memperbaiki masalah tersebut dengan mencari dari google. Lalu aku menemukan bahwa cek dulu problem Bluetooth tersebut karena hardware atau software. Caranya dengan melihat statusnya.

Caranya adalah sebagai berikut
1. Dari Home screen, buka dan tekan “Settings“.
2. Pilih dan tekan “System“
3. Pilih dan tekan “About Phone“, atau “About device“, atau “About tablet“.
4. Pilih dan tekan “Status“.
5. Perhatikan baris pada “Bluetooth address”

Lalu bagaimana cara memperbaiki bluetooth address yang unavailable? Tips untuk memperbaiki bluetooth ini cukup sederhana, yaitu
1. Clear cache
2. Clear data

Cache yang tersimpan otomatis digunakan oleh sistem untuk mempermudah atau mempercepat aplikasi untuk dibuka. Namun terkadang disini juga bisa menjadi sumber masalah. Hal ini juga berlaku pada fitur data.