Saturday, October 27, 2012

Liburan Seru ke Batu Secret Zoo

Liburan seru biasanya adalah pergi ke Taman Safari di Prigen - Jawa Timur untuk melihat keanekaragaman Fauna yang didominasi oleh hewan buas langsung di alam atau pergi ke Taman Wisata yang yang menyediakan permainan menarik bagi anak-anak seperti di Selecta atau Sengkaling, Batu - Jawa Timur.

Jika dulu sewaktu Rafa batita (bayi dibawah tiga tahun) suka sekali dia melihat hewan-hewan liar di Taman Safari, tapi sekarang sewaktu berumur 4,5 tahun sudah tidak tertarik lagi. Beda dengan adiknya yang baru berumur 2,5 tahun, masih tertarik melihat hewan-hewan.

Kali ini liburan Idul Adha yang jatuh pada hari Jumat, jadinya libur 3 hari, 26 - 28 Oktober 2012. Cukup nih untuk mengisi waktu liburan dengan hal-hal seru. Akhirnya kita putuskan pergi ke Jatim Park II. Tapi tidak melewati jalur normal yaitu Pandaan, kita coba rute lain yang menantang. Yaitu lewat pacet terus naik melewati antar lereng dan tebing gunung Arjuno hingga menuju Batu, dengan jarak yang ditempuh sekitar 29 km.




Dan akhirnya setelah perjalan sekitar 1 jam, sampai juga di wahan wisata yang dituju. Pintu masuk sudah disambut dengan berbagai jenis monyet, mulai dari yang kecil hingga yang besar. Tentu saja ini menarik perhatian anak kecil, seperti Rangga. Tapi ini baru awal saja, rute selanjutnya kita akan menyaksikan hewan-hewan menarik seperti burung, kura-kura, ular, rusa, macan, kanguru, buaya.

Cuaca yang panas tidak menyurutkan semangat untuk keliling, tapi ada baiknya istirahat sambil makan kentang atau mie atau roti sambil minum minuman yang menyegarkan dan es krim yang bakal mencairkan suasana siang yang panas. Sambil melihat gajah jadi mendukung suasana saat rehat ini.


Lepas dari aneka ragam satwa, rute berikutnya kita akan dihidangkan wahana wisata permainan anak dan yang lebih menantang lainnya bagi anak yang lebih besar bahkan bagi dewasa, seperti Tsunami dimana kita akan diputar-putar hingga habis adrenalin kita. Tapi karena ini adalah liburan anak, maka kita sesuaikan dengan minat anak.

Dan yang menarik lagi semua wahana Happy Land disini semuanya gratis, wuah....

Nah, kali ini Rafa sangat kerasa, jika tadi saat melihat hewan-hewan sepertinya agak malas dan tidak tertarik dan minta cepat pulang, tapi kali ini diajak pulang sudah tidak mau lagi.

Permainan pertama yang dicoba adalah mengadu speed. Mobil balap. Dengan rute yang cukup lumayan bagi seumurnya. Terus dilanjutkan dengan ngebut di air dengan baik speed boat. Seru...




Kemudian berikutnya yang tak kalah seru adalah Farm Safari. Konsepnya seperti Taman Safari, dimana kita akan naik mobil berbentuk kereta lagi kita akan berputar-putar melihat binatang liar tapi jinak seperti rusa, kuda dan unta. Mobil akan berhenti sehingga penumpang berkesempatan memberi makan satwa tersebut. 


Disebelahnya terdapat gedung Jelajah 5 Benua yang tak kalah seru bagi anak kecil, sambil naik kereta mini, kita akan disuguhi boneka-boneka yang berlatar belakang asal tempat tinggal mereka. Misal asia dengan latar Piramida-Spinks, kemudian Australia dengan gedung Opera-nya. Amerika dengan patung Liberty-nya dan terakhir Kutub Utara dengan penguin-nya.

Di area luar gedung Jelajah 5 Benua kita bisa berfoto dengan landmark terkenal, seperti Menara Eifel, Menara Pisa atau patung Dora yang tentunya menarik perhatian si kecil.




Setelah mencoba speed, ternyata Rafa masih ingin mencoba wahana yang seru. Lalu dicoba Flying Dumbo, kombinasi dari komedi putar dan giant wheel. Kita akan berputar-putar membentuk lingkaran sambil diangkat keatas. Sehingga kita dapat melihat sekitar Batu Secret Zoo dari atas.


Melewati jalur pulang ternyata kita masih disuguhi hal-hal menarik, selain hewan-hewan unik seperti White Lion dan White Tiger, juga ada beberapa latar wahana yang bisa dijadikan tempat untuk berfoto ria. Misalnya latar Kapal Nabi Nuh, Cafe Istana Semut, Patung Upin Ipin, dan masih ada lagi yang lain.






Selepas di luar gedung atau Batu Secret Zoo pun sambil menikmati sedapnya bakso dan mie pangsit dan es krim, kita masih bisa berfoto di depan patung mamouth yang besar sekali.




Dan akhirnya liburan seru ini ditutup dengan lomba lari antara 3 laki-laki, yaitu Rafa, Taufan dan Rangga, untuk Mengejar Matahari.