Wednesday, October 31, 2012

Raungan Gunung Raung


Gunung Raung terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Jember, dan Bondowoso di Jawa Timur dengan titik astronomis etrletak pada 08° LU-07° LS dan 114° BB-021°BT dan mempunyai tinggi 3,332 meter.

Gunung Raung memiliki ciri yang unik dengan kaldera sekitar 500 meter dalamnya, selalu berasap dan sering menyemburkan api. 
    
Tapi meski Gunung Raung mempunyai kaldera terbesar  berdasarkan rekam sejarah letusan gunung ini, kedahsyatannya masih kalah dengan gunung lainnya seperti Merapi di Jawa Tengah, Kelud di Kediri.

Letusan terdahsyat terjadi pada 1638 dimana  mengakibatkan banjir lahar pada kali Klatak dan Setail serta mengakibatkan korban jiwa 1000 lebih. 

Gunung Raung merupakan gunung jenis Stratovolcano dengan letusan tipe Stromboli.

Stratovolcano adalah jenis gunung berapi yang memiliki puncak kerucut, terdiri dari lava dan abu vulkanik yang mengeras. 

Stromboli adalah jenis letusan dimana letusan-letusannya terjadi dengan tenggang waktu yang hampir sama tidak langsung seketika. Setiap tenggang waktu tersebut, gunung dengan letusan stromboli memuntahkan material, bom, lapili, dan abu.





sumber :
wikipedia.com
plantagama.4t.com
blogaktiv.blogspot.com