Monday, January 28, 2013

Usia Pernikahan 6 Tahun

Semenjak menikah 28 Januari 2007 dan dikaruniai 2 orang putra, Rafa dan Rangga yang sudah berusia 4.5 tahun dan 2.5 tahun semakin sempurna saja keluarga kecilku.


Sekarang dengan usia pernikahan yang hampir 6 tahun, artinya kami sudah melewati masa kritis 5 tahun pertama pernikahan indah ini. Tentunya terdapat beberapa perbedaan. Dimana "visi" pernikahan 5 tahun pertama banyak diisi dengan kesenangan dan kesenangan. Mulai dari indahnya pernikahan dan bulan madu. Kemudian dilanjutkan dengan perasaan bahagia saat lahirnya buah hati pertama dan buah hati kedua. Dan suka duka merawat dan mengasuh anak dari bayi hingga balita.

Namun, memasuki usia pernikahan 6 tahun, pemikiran kita akan semakin matang dan dewasa. Seiring dengan permasalahan keluarga yang semakin meningkat. Dan pengeluaran keluarga yang juga semakin membengkak. Contohnya saja biaya sekolah anak mulai Playgroup hingga menjelang TK.

Untuk itu CEO keluarga (suami / ayah) dan manajer keluarga (istri / ibu) harus menjalin komunikasi yang lebih erat agar tidak terjadi perbedaan visi dalam mengatur dan mengarahkan keluarga.

Tanpa adanya komunikasi maka koordinasi dan kekompakan keluarga akan terancam, yang tentunya secara langsung dan tidak langsung akan mempengaruhi kelanggengan keluarga.

Jadi ajaklah berbicara pasangan hidup anda. Jika memang anda berdua sibuk, mulai dari aktivitas pagi yang sibuk mempersiapkan diri untuk bekerja dan menyiapkan anak sekolah, lalu siang dan sore sibuk bekerja, dan baru bertemu malam harinya, maka sempatkanlah ngobrol saat makan malam bersama di meja makan.

Jaga dan pertahankan quality time tersebut.