Wednesday, February 5, 2014

Totok Haryoto

Totok Haryoto Pimpin Lagi ISSI Jatim
05/03/2011, 18:44 WIB

Ketua Umum Pengprov Ikatan Sepeda Sport Indonesia Jawa Timur Totok Haryoto terpilih secara aklamasi untuk memimpin kembali organisasi tersebut empat tahun ke depan pada musyawarah provinsi di Surabaya, Sabtu. 

Dalam musprov yang berlangsung di Aula KONI Jatim itu, sebanyak 21 dari 29 pengurus kabupaten / kota ISSI sepakat memberi kepercayaan kepada Totok Haryoto menjadi ketua umum untuk periode kedua 2011-2015. 

Delapan pengkab/pengkot ISSI yang absen mengirimkan perwakilan di musprov adalah Kabupaten Bangkalan, Pacitan, Pasuruan, Trenggalek, Tuban, Tulungagung, Banyuwangi, dan Kota Madiun. Terpilihnya purnawirawan polisi yang terakhir berdinas di Polda Jatim itu sudah diprediksi sebelumnya karena hingga menjelang musprov tidak ada calon lain yang diusulkan. 

Ditemui seusai musprov, Totok Haryoto menjanjikan dalam dua pekan ke depan kepengurusan ISSI Jatim sudah terbentuk dan segera menyiapkan program kerja. "Ada tiga program yang jadi fokus ISSI Jatim, yakni PON 2012 sebagai program jangka pendek, PON Remaja 2013 untuk jangka sedang dan program jangka menyiapkan atlet untuk PON 2016," ujarnya. 

Menurut Totok, fokus utama saat ini adalah menyiapkan atlet-atlet terbaik untuk menghadapi PON 2012 di Riau. Saat ini, Pengprov ISSI Jatim telah menjaring 18 pebalap di Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) Jatim 100 jilid II. Ke-18 pebalap itu terdiri atas delapan orang di nomor jalan raya (road race), tiga orang di nomor BMX Cross, dan sisanya pada nomor MTB Cross Country dan Down Hill. 

"Kami ingin memperoleh emas sebanyak-banyaknya di PON 2012 dan harus lebih baik dibanding PON 2008 di Kaltim yang hanya memperoleh tiga emas," tambahnya. Sejumlah pebalap Jatim yang menjadi andalan untuk mendulang medali emas, antara lain Herwin Jaya, Hari Fitrianto dan Kaswanto (road race), Elga Kharisma (BMX), Anis, Popo Aryo dan Fitria (MTB dan Down Hill). 

Selain itu, Pengprov ISSI Jatim juga sedang berjuang mendapatkan kepastian status kepindahan dua pebalap asal Yogyakarta, yakni Mat Nur dan Rasta Patria Dinawan, yang masih dipermasalahkan daerahnya.

https://olahraga.kompas.com/read/2011/03/05/18441212/Totok.Haryoto.Pimpin.Lagi.ISSI.Jatim.



Totok Haryoto Segera Pimpin ISSI Jatim
Editor Bolanet | 4 Maret 2011 19:24 
 
- Ketua Umum Pengprov Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Jawa Timur Totok Haryoto hampir dipastikan terpilih kembali memimpin organisasi tersebut untuk periode keduanya 2011-2015 pada musyawarah provinsi, Sabtu (05/03).

Informasi yang diperoleh wartawan di Surabaya, Jumat, menyebutkan hingga sehari menjelang pelaksanaan musprov, belum ada nama lain yang diusulkan pengurus cabang ISSI di Jatim, kecuali Totok Haryoto.

Purnawirawan polisi itu dianggap cukup berhasil memimpin ISSI Jatim selama periode 2007-2011 dengan melambungnya prestasi balap sepeda Jatim di tingkat nasional.

Sekretaris Umum Pengprov ISSI Jatim, Harijanto Tjondrokusumo, mengemukakan hampir sebagian besar pengcab menghendaki Totok Haryoto kembali menjadi ketua umum ISSI Jatim, karena catatan prestasinya yang cukup bagus.

"Ini murni aspirasi dari rekan-rekan anggota pengcab dan bukan permintaan dari ISSI Jatim atau Totok Haryoto," ujarnya.

Sejumlah kemajuan yang dicatat ISSI Jatim selama dipegang Totok Haryoto, di antaranya bertambah jumlah anggota dari 20 menjadi 29 pengcab, kontribusi pembalap untuk tim nasional dan pembinaan terhadap pembalap daerah yang terus meningkat melalui ajang kejurda.

Di tingkat internasional, ISSI Jatim juga menempatkan satu tim profesional yang mampu berkiprah di berbagai ajang balap sepeda, yakni Polygon Sweet Nice (PSN) Surabaya.

"Prestasi balap sepeda Jatim selama kurun waktu empat tahun terakhir sudah cukup bagus dan itu harus bisa dipertahankan, bahkan ditingkatkan. Sasaran terdekat yang harus segera disiapkan adalah PON 2012," ujar Harijanto.

Pada PON XVII tahun 2008, cabang balap sepeda menyumbang tiga medali emas untuk kontingen Jatim, masing-masing dari nomor "road race", "track" dan "down hill".

Dikonfirmasi terpisah, Totok Haryoto lebih memilih bersikap merendah dan menyerahkan sepenuhnya proses pemilihan kepada anggota.

"Kita lihat di musprov nanti. Serahkan saja seluruh mekanisme dan pemilihan calon ketua kepada pemilih suara," ujarnya.

https://www.bola.net/olahraga_lain_lain/totok-haryoto-segera-pimpin-issi-jatim-9b40a1.html



MUNAS, ISSI JATIM JAGOKAN AZRUL ANANDA
Diunggah pada : 16 Januari 2012 7:28:58  13

Pengprov Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI)  Jawa Timur secara resmi menjagokan Azrul Ananda sebagai kandidat Ketua Umum PB ISSI dalam Musyawarah Nasional (munas).

Sekretaris Umum ISSI Jatim, Harijanto Tjondrokusumo, Minggu (15/1), mengatakan, ISSI Jatim mengajukan penawaran kepada Azrul sebagai pengganti Phanny Tandjung yang habis masa jabatannya berakhir tahun ini. Bahkan ISSI Jatim sudah mengajukan lamarannya secara lisan dan telepon.

“Secara resmi, kami mengajukan penawaran kepada mas Azrul (Azrul Ananda) sebagai figur pemimpin ISSI empat tahun ke depan,” kata Harijanto.

Harijanto mengungkapkan sudah berulangkali berjumpa dengan Azrul Ananda untuk membicarakan masa depan olahraga balap sepeda. Terutama untuk memajukan olahraga balap sepeda yang kini dianggap masih jalan ditempat.

ISSI Jatim memiliki dua alasan utama, menjagokan Azrul Ananda sebagai kandidat Ketua Umum PB ISSI. Pertama, Azrul dianggap mampu mengembangkan olahraga basket yang selama ini kurang dikenal menjadi populer. Kedua, basket yang dikelolanya tidak hanya mengurusi prestasi, tetapi juga menyentuh sektor pembibitan.

Dua alasan ini yang dinilai ISSI Jatim bisa membangkitkan olahraga balap sepeda pada masa yang akan datang. “Tidak bisa dibantah, basket berhasil dikembangkan menjadi slaah satu olahraga paling menarik. Kedepan, kita berharap balap sepeda bisa mengikuti jejak basket,” ungkap Harijanto.

Sejalan dengan itu, figur sebagai pengusaha muda yang dimilikinya bisa membawa perubahan. Bukan lagi rahasia bila pengurus PB ISSI, tidak banyak berubah. Dimana pengurusnya masih mempertahankan muka-muka lama. ISSI Jatim memandang banyak pengurus yang mestinya sudah mengakhiri masa jabatannya dan berganti dengan pengurus muda.

“Sudah saatnya ISSI diisi oleh pengurus muda dan dinamis. Kalau mempertahankan yang itu-itu saja, kita makin tertinggal dengan Malaysia dan Singapura,” tandasnya.

Malaysia telah berhasil menciptakan juara dunia, setelah melakukan perubahan ditubuh federasi balap sepedanya.

Sementara kandidat lain yang maju menjadi calon ketua umum adalah Pahnny Tandjung. Saat ini Phanny masih menjabat ketua umum, setelah terpilih dalam munas tahun 2008 di Bali . Sementara agenda munas dijadwalkan 17-18 Maret di Jakarta.

https://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/29741



KONI Berharap Konflik ISSI Jatim Segera Selesai
 Jumat, 13 September 2013 20:23 WIB

KONI Jawa Timur berharap konflik yang melibatkan pengurus Ikatan Sepeda Sport Indonesia setempat bisa segera selesai sehingga program pembinaan atlet dan pemusatan latihan daerah dapat dilaksanakan sesuai jadwal. 

Ketua Harian KONI Jatim Dhimam Abror Djuraid kepada wartawan di Surabaya, Jumat, mengatakan konflik kepengurusan ISSI Jatim terkait digelarnya musyawarah provinsi luar biasa sedang ditangani Badan Arbitrasi Olahraga Indonesia (Baori) dan tinggal menunggu keputusan. 

"Mudah-mudahan Baori segera memutuskan dan masalahnya selesai. Kalau konflik ISSI Jatim tidak selesai-selesai, terus Puslatda balap sepeda kapan bisa dimulai. Ini bisa merugikan atlet," katanya. Menurut Abror, pengurus ISSI Jatim hasil musprovlub yang dipimpin Guntur Priambodo sudah menemui dirinya dan meminta rekomendasi pengesahan kepengurusan baru, tetapi pihaknya belum mengambil keputusan apa-apa. 

"Sengketa ISSI Jatim masih dibahas Baori sehingga kami juga tidak bisa memberi keputusan apapun terkait hasil musprovlub yang sudah digelar pada 3 Agustus lalu," katanya. Abror juga meminta dua kepengurusan ISSI Jatim yang bertikai untuk mematuhi aturan terkait pelaksanaan musprovlub organisasi itu. 

"Dengan semua pengurus ISSI Jatim, kami berteman baik, seperti Armuji, Guntur dan Harijanto. Akan tetapi, aturan dan tahapan-tahapan musprovlub seharusnya dipatuhi, karena masalahnya masih dibahas Baori," tambahnya. 

Ia mengungkapkan KONI Jatim memang mengirimkan surat kepada Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Pengprov ISSI Jatim Armuji pada satu hari menjelang digelarnya musprovlub (2 Agustus 2013), yang isinya meminta musprov diselenggarakan sesuai AD/ART organisasi. 

Selain itu, KONI Jatim juga menyarankan pelaksanaan musprovlub ditunda, karena waktunya sudah memasuki liburan jelang Hari Raya Idul Fitri, tetapi pihak Armudji mengabaikan saran itu dan tetap bersikukuh menggelarnya pada 3 Agustus. 

Musprovlub yang dihadiri 16 pengurus cabang ISSI se-Jatim secara aklamasi memilih Guntur Priambodo (Ketua Pengcab ISSI Banyuwangi) sebagai ketua umum yang baru periode 2013-2017, menggantikan Totok Haryoto yang kepengurusan telah dibekukan PB ISSI. 

Sementara itu, mantan sekretaris Pengprov ISSI Jatim yang dibekukan, Harijanto Tjondrokusuma, mengatakan pihaknya sampai saat ini masih menunggu keputusan Baori mengenai penyelesaikan konflik tersebut. "Apapun keputusan Baori, kami akan patuh dan siap menjalankan. Baori itu seperti MK-nya (Mahkamah Konstitusi) olahraga dan keputusan mengikat serta tidak bisa diganggu gugat," ujarnya.

https://jatim.antaranews.com/berita/117695/koni-berharap-konflik-issi-jatim-segera-selesai


2011

https://olahraga.kompas.com/read/2011/03/05/18441212/Totok.Haryoto.Pimpin.Lagi.ISSI.Jatim.

https://www.bola.net/olahraga_lain_lain/totok-haryoto-segera-pimpin-issi-jatim-9b40a1.html

https://jatim.antaranews.com/berita/67650/pebalap-juara-porprov-disiapkan-ikut-pon-remaja

https://www.lensaindonesia.com/2011/12/29/disebut-gudang-atlet-jatim-malah-kekurangan-pembalap-putri.html

https://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/26020

https://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/26021


2012

http://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/29741


2013

https://jatim.antaranews.com/berita/117695/koni-berharap-konflik-issi-jatim-segera-selesai

http://surabaya.tribunnews.com/2013/10/06/issi-jatim-kehilangan-hak-suara-di-rapat-koni

https://sport.tempo.co/read/466111/pb-issi-terancam-pecah-dua

https://surabaya.tribunnews.com/2013/09/12/sengketa-issi-jatim-masih-diselesaikan-baori


2014

http://kanalsatu.com/id/post/17304/issi-jatim-tunggu-kepastian-status




ISSI Jatim Kehilangan Hak Suara di Rapat KONI
Minggu, 6 Oktober 2013 15:02
Penulis: Fatkhul Alami | Editor: Heru Pramono
zoom-inlihat foto
ISSI Jatim Kehilangan Hak Suara di Rapat KONI
Pembalap Iran, Hossein Nateghi asal tim Tabriz Chemical Team (tengah) pemenang etape II Tour de East Jawa (TdEJ), Kamis (30/8/2012)

SURYA Online, SURABAYA - Kisruh yang melanda di Pengprov Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Jawa Timur membuat organisasi ini kehilangan suara. ISSI tidak bisa ikut dalam rapat anggota KONI Jatim yang diagendakan digelar di Sidoarjo, Selasa-Rabu (8-9/10/2013).

Ketua Harian KONI Jatim Dhimam Abror mengaku, ISSI kehilangan suara pada rapat anggota. Mereka hanya bisa menjadi peninjau saja pada rapat tahunan KONI Jatim.

"ISSI Jatim kehilangan hak suaranya dan hanya bisa jadi peninjau pada rapat anggota nanti," sebut Abror kepada Surya Online, Minggu (6/10/2013).


Pengprov ISSI Jatim mengalami krisis internal organiasi. Cabang olahraga (Cabor) itu dilanda konflik kepengurusan dan hingga kini belum terselesaikan. Kepengurusan ISSI Jatim lama sudah tidak diakui oleh PP ISSI. 

Kabid Organisasi PB ISSI Armuji melakukan pembekuan ISSI lama di bawah pimpinan Totok dan Sekretaris Umum Harjanto Tjondrokusumo. Bahkan, ISSI Jatim di bawah Plt Armuji sudah menggelar Musyawarah Olahraga Provinsi Luar Biasa (Musorprovlub) pada Agustus 2013. Pada Musorprovlub itu, Guntur terpilih sebagai ketua.

Tapi, kubu Totok dan Harijanto melakukan protes. Mereka melayangkan gugatan ke Badan Abritase Olahraga Republik Indonesia (BAORI) kepada Armuji dkk. Persoalan ISSI Jatim masih disidangkan BAORI di Jakarta.

https://surabaya.tribunnews.com/2013/10/06/issi-jatim-kehilangan-hak-suara-di-rapat-koni.



PB ISSI Terancam Pecah Dua
Editor

Hari prasetyo

Sabtu, 9 Maret 2013 18:47 WIB

image-gnews
Bagikan

 image social image social image social image social
Dirut Telkom Rinaldi Firmansyah (kiri) bersama Ketum PB ISSI Phanny Tanjung memasangkan jaket kepada Santia Tri Kusuma dan Ryan Ariehaan. ANTARA/Puspa Perwitasari
Dirut Telkom Rinaldi Firmansyah (kiri) bersama Ketum PB ISSI Phanny Tanjung memasangkan jaket kepada Santia Tri Kusuma dan Ryan Ariehaan. ANTARA/Puspa Perwitasari
IKLAN


TEMPO.CO, Sidoarjo - Sebanyak 16 Pengurus Provinsi Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa di Hotel Bandara, Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu, 9 Maret 2013. Munaslub itu digelar untuk mengganti kepengurusan Pengurus Besar ISSI yang dipimpin oleh Edmond Simorangkir.

"Ada 18 pengurus provinsi yang telah menyatakan mosi tidak percaya kepada Edmond. Sah kalau kami menyelenggarakan munaslub karena telah memenuhi quorum," kata Ketua Panitia Munaslub, Sastra Harijanto Tjondrokusumo. Menurut Harijanto, permasalahan di organisasi balap sepeda nasional itu telanjur kronis dan terakumulasi. Sehingga, kata dia, Munaslub menjadi solusi untuk menyelesaikan kemelut. "Yang tidak bisa ditoleransi, pengurus besar telah melanggar AD/ART dan berbuat kriminal," ujar Harijanto yang juga Sekretaris Pengprov ISSI Jawa Timur.

Baca Juga:

Menpora Bakal Kaji Ulang Jumlah Atlet untuk Asian Games 2023, Raihan Medali 2018 Bukan Patokan

Acara Munaslub diwarnai insiden pengusiran terhadap Ketua Bidang Organisasi PB ISSI Armudji. Lelaki yang juga anggota DPRD Kota Surabaya itu sempat didorong-dorong ke luar ruangan oleh peserta Munaslub. "Armuji kami tolak masuk ruang Munaslub karena tak membawa surat mandat dari pusat," ujar Harijanto.


Usai ditolak peserta Munaslub, Armuji menyatakan bahwa kegiatan yang dimotori ISSI Jawa Timur tersebut illegal. Ia pun mengancam akan membekukan kepengurusan ISSI Jawa Timur. "PB ISSI menganggap Munaslub sebagai pelanggaran, kami akan membekukan ISSI Jawa Timur karena memelopori kegiatan illegal," ujar dia.

IKLAN

 SCROLL UNTUK MELANJUTKAN 
Armuji tak yakin Munaslub itu murni aspirasi dari bawah. Ia menuding ada sekelompok orang di tubuh ISSI yang sengaja mencari alasan agar bisa mengganti Edmond. "Saya mendengar salah satu alasan menggusur Edmond karena yang bersangkutan tidak bisa menyelenggarakan Tour de Bali. Tapi mereka tidak melihat secara jernih mengapa Tour de Bali belum terlaksana," kata Armuji.

Baca Juga:

Indonesia Kehilangan 19 Potensi Medali Emas di Asian Games Hangzhou

Selain itu, kata Armuji, ada sponsor yang berjanji member hadiah sepeda 10 unit per pengurus daerah bila berhasil menggulingkan Edmond. Namun tuduhan Armuji ditepis utusan Pengprov ISSI Gorontalo, Jumadi Ishak. "Kami tidak sehina itu. Kami hanya ingin Edmond diganti karena sudah tidak layak," kata dia.

https://sport.tempo.co/read/466111/pb-issi-terancam-pecah-dua



ISSI Jatim tunggu kepastian status
Rabu, 05 Februari 2014 - 16:05 WIB

Salah satu agenda balap sepeda di Jawa Timur (TDEJ). (whatindonews/Syaiful Arif)
SURABAYA (WIN): Pengurus Pengprov Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Jawa Timur yang diketuai Totok Haryoto masih menunggu kepastian status, menyusul kemenangan gugatan 16 Pengprov ISSI di Badan Arbitrase Olahraga Indonesia (Baori). Dengan adanya putusan tersebut, maka keabsahan Pengprov ISSI Jatim dibawah pimpinan Guntur Priambodo dipertanyakan.    

"Saya sudah lapor kemenangan kami di Baori yang hasilnya mengikat dan tak bisa diganggu gugat. Kita hanya  minta KONI untuk menegaskan mengenai kejelasan status. KONI Jatim bisa bekerja sama dengan kami untuk mengumpulkan pengcab-pengcab ISSI di daerah untuk bergerak bersama," kata Sekretaris Umum Pengprob ISSI Jatim Harijanto Tjondrokusumo di Surabaya, Rabu (5/2/14).

Diharapkan, KONI bisa secepatnya mengembalikan legitimasi Pengprov ISSI Jatim versi Totok Haryoto. Sebab banyak agenda besar yang masa persiapannya harus dimulai sejak saat ini. "Harapan kami, paling tidak ada dukung kita secara terbuka dari KONI Jatim. Apalagi even ke depan ada PON Remaja dan PON XIX 2016 Jawa Barat," terang Harijanto.

Seperti diberitakan, Pengurus Besar (PB) Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) membekukan kepengurusan Pegprov ISSI Jawa Timur (Jatim) periode 2011-2015. Pembekuan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) PB ISSI nomor: 010/SK/PB.ISSI/IV/2013, tanggal 10 April 2013.

Ketua Bidang Organisasi PB ISSI, Armudji mengatakan, kebijakan ini diambil lantaran pengurus Pengprov ISSI Jatim dianggap menjadi pemrakarsa digelarnya Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) pada 9 Maret 2013, sebagai buntut mosi tidak percaya kepada Ketua Umum PB ISSI, Edmoud JT Simorangkir.

"Munaslub dianggap bagian dari makar dan kudeta. Diputuskan sebagai pelanggaran berat dan disanksi pemberhentian sementara untuk Pengprov ISSI Jatim," kata Armudji dalam jumpa persnya di Surabaya, Jumat (12/4/13).

Tak hanya dianggap sebagai tindakan makar, Munaslub yang diikuti 16 pengrov tersebut juga tanpa sepengetahuan KONI Pusat. Hasilnya pun tak memiliki kekuatan hukum dan tidak diakui KONI Pusat selaku induk organisasi olahraga tertinggi di Tanah Air.

Bahkan, Armudji mengklaim, pasca digelarnya Munaslub ada beberapa peserta yang menarik dukungan. Dengan demikian, mosi tidak percaya yang pernah didengungkan sejumlah pengurus pengprov tidak berlaku lagi.

"Peserta ada yang berubah pikiran dan menarik dukungan. Ada juga peserta yang hanya ingin tahu Surabaya. Karena mereka datang dibiayai, tiket dibelikan, kemudian diiming-imingi dapat bantuan sepeda. Tapi kenyataannya tidak ada," cetusnya.  

Dengan terbitnya SK penghentian sementara dari PB ISSI, maka bila pihak Pengprov ISSI Jatim masih melakukan aktivitas akan dianggap ilegal. Untuk sementara waktu, PB ISSI menunjuk Armudji sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Pengprov ISSI Jatim, dibantu dengan dua anggota. Yakni, Anri Bartali dan Sugeng Tri Hartono.

Menurut Armudji, penunjukan itu berlaku sampai digelarnya Musyawarah Provinisi Luar Biasa (Musprovlub) ISSI Jatim. "Berlaku sampai satu tahun sampai digelarnya Musprovlub, tapi kita akan menggelar secepatnya," tandas pria yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi A DPRD Surabaya ini.

Namun pembekuan tersebut tak sah lagi seiring dengan dikabulkannya gugatan 16 pengprov ISSI oleh Badan Arbitrase Olahraga Indonesia (BAORI). Dalam surat putusan Nomor: 26/P.BAORI/VI/2013, dan berdasarkan Surat Keputusan Ketua BAORI Nomor: 07/SK-MA/BAORI/VIII/2013 tertanggal 15 Agustus 2013 BAORI menyatakan Munaslub ISSI yang digelar di Sidoarjo 9-10 Maret 2013 adalah sah.

BAORI juga memerintahkan tergugat (Edmon J.T Simorangkir) dan pengurus PB ISSI untuk mengesahkan hasil Munaslub yang diselenggarakan di Sidoarjo. BAORI juga menyatakan Ketua PB ISSI dan pengurus lainnya telah melanggar AD/ART.

"Kalau mau dirunut lagi dari belakang, sejak keputusan BAORI pertama pada Agustus lalu, seharusnya mereka sudah menjalankan roda organisasi hingga kepengurusan yang baru terbentuk," kata Sastra Harijanto Tjondrokusumo, Sekretaris Pengprov ISSI Jatim yang dibekukan, di Surabaya, Selasa (10/12/13).

http://kanalsatu.com/id/post/17304/issi-jatim-tunggu-kepastian-status

No comments:

Post a Comment

Related Posts