Saturday, February 22, 2014

Stand Up Comedy : Tirulah Anak Kecil tapi Jangan Kekanak-kanakan


Stand Up Comedy Show adalah acara komedi tunggal yang bernuansa cerdas serta dewasa. yang hanya bisa dinikmati oleh orang-orang yang berpikiran terbuka dan luas, tidak mudah tersinggung dan benar-benar menikmati setiap lelucon yang ada tanpa harus terbawa emosi ataupun ketidaksukaan karena isinya yang penuh kritikan. 

Acara ini mulai ditayangkan pada pertengahan September 2011. Di dunia Stand up comedy berkembang lebih dulu di kawasan Eropa dan Amerika sejak abad ke-18. 


Pionir stand up comedy di Indonesia berawal dari WarkopDKI, Dono Kasino Indro yang mengawali karir mereka di di radio DAN serta pangung-panggung komedi sebelum akhirnya terjun ke dunia film. Lewat radio serta panggung komedi dimana mereka diharuskan untuk menyampaikan lelucon secara monolog, menjadikan warkop salah satu pionir stand up comedy walaupun sebenarnya stand up comedy hanya 1 orang dan mereka bertiga. 

Alm. Taufik Savalas dapat dikategorikan sebagai salah satu pionir awal dalam perkembangan stand up comedy Indonesia karena dia menyampaikan joke secara one man show.

Ciri khusus stand-up comedy adalah materinya tidak nyomot, tapi hasil dari pemikirannya sendiri. "Stand-up" sendiri artinya bukan berdiri, melainkan lebih kepada mengutarakan dan membela opini serta pandangannya. Pemaknaan "stand-up" di sini seperti dalam kalimat "he stood up for what is right".

Joke telling: melucu sambil melemparkan anekdot, tebak-tebakan, lelucon yang ia kumpulkan dari berbagai sumber, misalnya dari internet, buku, broadcast message, dan lain-lain.

Bit: satuan materi stand-up yang terdiri atas set-up dan punchline. Misalnya Pandji punya bit tentang ganja, bit tentang komodo, bit tentang nama-nama jalan yang aneh, dan lainnya.

Set: satuan pertujukan stand-up yang biasanya terdiri atas sejumlah bit. Misalnya, semua bit yang kita punya digabungkan menjadi satu dengan rangkaian yang pas dan teratur, maka saya punya set berdurasi sekitar 30 menit.

Set-up: bagian yang tidak lucu dari sebuah bit, biasanya premis atau pengantar dari bit tersebut ke bagian yang lucu.

Punchline: bagian yang lucu cari sebuah bit. Biasanya membalikan premis atau memberikan sesuatu yang mengejutkan sebagai penutup dari set-up atau premis tadi. Karena efek mengejutkannya itu maka disebut PUNCH-line. Kalimatnya harus "nonjok".

Kill: ketika kita sukses membuat penonton tertawa sepanjang set kita.

Bomb: ketika kita gagal membuat penonton ketawa atau garing.


Salah satu comic yang saya sukai adalah Cak Lontong dengan salam lempernya. Isi materi yang disampaikan selalu bikin ngakak namun berisi. Contohnya adalah yang di video youtube berikut.


Sangat menarik materi yang disampaikan. Tirulah 4 sifat anak kecil di masa kecilmu.

1. Apa adanya
Anak kecil mampu tampil apa adanya sehingga meski mempunyai kekurangan namun bisa tampil percaya diri dan tidak minder.

2. Imajinatif dan kreatif
Anak kecil mampu merubah sesuatu sesuai imajinasinya melebihi logika. Misal secara logika anda hanya mampu berpindah dari A ke B, namun imajinasi mampu berpindah dari A ke Z. 

Anak kecil naik kardus bisa serasa naik mobil sedan. Itulah kekuatan imajinasi. Imajinasi bisa membuat anda kreatif.

3. Tulus
Anak kecil tidak pernah punya pamrih

4. Pemaaf
Anak kecil bukan tidak pernah berantem. Tapi anak kecil pemaaf. Hari ini berantem besok sudah baikan kembali.

Tirulah anak kecil tapi jangan kekanak-kanakan

Dikutip dari Cak Lontong dalam acara Stand Up Comedy
Salam lemper


Sumber :
http://www.youtube.com
http://hiburan.kompasiana.com
http://suc.metrotvnews.com