Wednesday, August 24, 2016

Robert-Houdin

Jean Eugène Robert-Houdin lahir di Blois, Perancis pada tanggal 6 Desember 1805 adalah seorang pesulap yang disebut sebagai bapak pesulap modern yang menjadi pelopor dengan menanggalkan busana Merlin khas pesulap dan diganti jas.

Salah satu pertunjukan paling memukai yakni menangkap peluru “bullet catch”di Algeria untuk membuktikan bahwa magic modern Eropa jauh lebih spektakuler dari magic primitif Afrika.

Robert-Houdin membawa aliran magic baru yang disebut “salon-magic”. Magic yang dibawanya adalah gabungan antara ilusi dan alat-alat berat yang canggih untuk melakukan magic trik, digabungkan dengan teknik kecepatan tangan yang brilian.

Salah satu master pesulap yang menjadikan Robert-Houdin sebagai idola adalah Harry Houdini. Bagi yang tidak tahu Harry Houdini, dia adalah pesulap dengan aliran escapologist yaitu kemampuan meloloskan diri dari berbagai bahaya.

Beberapa trik dan ilusi yang pernah disajikan Robert Houdin antara lain:

a.   “Second Sight”
Magic dengan “membaca pikiran” yang memerlukan keterlibatan dua orang. Robert-Houdin mendatangi penonton, menyentuh benda yang diangkat penonton. Kemudian anaknya, yang dijadikan sebagai asisten, akan menjelaskan secara rinci masing-masing benda yang ia sentuh. Istimewanya, asistennya melakukannya dengan mata tertutup.

b.   “The Ethereal Suspension”Magic dengan penggunaan ether, yaitu saat seseorang menghirup cairan ether pada saat sedang berkonsentrasi tinggi, maka tubuhnya untuk beberapa saat akan ringan seperti balon.

c.   “The Marvelous Orange Tree”

d.   “Robert-Houdin’s Portfolio”

e.   “The Light and Heavy Chest”



Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Jean_Eug%C3%A8ne_Robert-Houdin
https://www.wayang.co.id/index.php/berita/5-pesulap-terhebat-di-dunia.html
http://mediaonlinenews.com/dunia/pesulap-pesulap-paling-berpengaruh-di-dunia
https://aksarasahaja.wordpress.com/2010/10/04/trik-ilusi-terkenal-robert-houdin/