Sunday, August 28, 2016

e-KTP

Beberapa hari terakhir muncul berita mengenai e-KTP, dimana disebutkan bahwa semua penduduk di Indonesia harus sudah merekam dan memiliki e-KTP sebelum tanggal 30 September 2016

Jika melewati batas tersebut maka ada sanksi administrasi dalam bentuk penonaktifan KTP. Dengan KTP menjadi non-aktif maka membuat kita akan tidak mendapatkan pelayanan publik. Misalnya adalah BPJS atau layanan kesehatan, layanan perbankan dan layanan kepolisian. Hal ini dikarenakan semua layanan diatas berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Lalu  apa itu e-KTP?

Kartu Tanda Penduduk elektronik atau electronic-KTP (e-KTP) adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dibuat secara elektronik, dalam artian baik dari segi fisik maupun penggunaannya berfungsi secara komputerisasi.

e-KTP adalah cip berupa kartu pintar berbasis mikroprosesor dengan memori 8 KB. Didalam cip e-KTP terdapat data biodata pemilik, tanda tangan, pas foto, dua data sidik jari.


Sumber :
http://news.liputan6.com/read/2583766/ini-sanksi-bila-tak-bikin-e-ktp-sebelum-30-september-2016
https://id.wikipedia.org/wiki/Kartu_Tanda_Penduduk_elektronik
http://sains.kompas.com/read/2013/05/15/18315786/E-KTP.Apa.Saja.Teknologi.di.Dalamnya.
http://www.dukcapil.kemendagri.go.id/detail/konsep-sidik-jari-dan-chip-di-e-ktp
http://www.kompasiana.com/gun4w4n/cara-cek-ktp-palsu-dari-situs-kpu_551c175f813311611e9de139


-----------
Tambahan 26 Desember 2016

Kebetulan e-KTP yang aku miliki masih tertera tanggal berakhirnya, namun menurut info tidak perlu dilakukan proses perpanjangan KTP seperti KTP konvensional. Benarkah? Berikut aku mendapatkan artinya yang dimaksud.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memberikan pernyataan bahwa e-KTP berlaku seumur hidup, meskipun beberapa tercantum tanggal kedaluwarsa. Dan tidak perlu takut dan khawatir ditolak saat menunjukkan e-KTP sewaktu ada razia kepolisian ataupun pada saat mengurus surat-surat penting di kantor atau lembaga mana pun.

Hal ini diatur dalam UU 24/2013 yang tertuang dalam Pasal 64 ayat 7a yang mengamanatkan e-KTP masa berlakunya seumur hidup. KTP dalam hal ini e-KTP baru dilakukan pergantian jika rusak.


Sumber :
http://nasional.kompas.com/read/2016/01/30/09001011/E-KTP.Berlaku.Seumur.Hidup.meski.Ada.Tanggal.Kedaluarsanya?utm_source=Facebook&utm_medium=Click&utm_campaign=Ads

No comments:

Post a Comment

Related Posts