Monday, August 15, 2016

Sakit Telinga pada Anak

Saat weekend anak keduaku mengeluh telinga sebelah kanan sakit. Saat cegukan rasa sakitnya juga bertambah. Padahal malam sebelumnya sudah sempat dibersihkan telinga anakku oleh ibunya. Kemudian kita telepon rumah sakit terdekat. Ternyata dokter THT baru buka prakter hari Senin malam hari pukul 20.00

Senin malam kita langsung pergi ke dokter THT. Berikut adalah penjelasan dokter THT ditambah dengan pengetahuan dari beberapa artikel.

Seluruh saluran telinga bisa menjadi radang, bengkak dan terasa sakit. Infeksi dapat berupa bisul Bisul di telinga ini bisa pecah dan mengeluarkan nanah. Dengan bantuan dokter kita dapat mengeluarkan nanah sampai bersih menggunakan peralatan medis.

Mengorek telinga menggunakan cotton bud atau perangkat keras dapat berdampak buruk bagi kesehatan telinga dan berpotensi merusak gendang telinga.

Earwax atau tahi telinga merupakan cairan berwarna kekuningan yang kerap muncul saat Anda mengoreknya dengan cotton bud. Earwax ini mempunyai fungsi menjaga kelembaban kulit. Telinga kita sebenarnya bisa membersihkan dirinya sendiri dengan mendorong kotoran telinga keluar dari lubang.

Ketika kita membersihkan dengan cotton bud maka bisa mengganggu proses pembersihan kotoran dan justru membuat kotoran bertambah banyak, serta dapat mendorong kotoran lebih ke dalam sehingga mengakibatkan penumpukan.

Cara membersihkan kotoran telinga yang tepat adalah cukup bersihkan di dekat lubang telinga tapi jangan sampai masuk atau mengorek hingga dalam.Cara lain adalah dengan cukup bersihkan bagian luar menggunakan handuk basah.


Sumber :
http://mediskus.com/penyakit/sakit-telinga
http://wolipop.detik.com/read/2014/12/30/110947/2789864/1135/stop-bersihkan-telinga-dengan-cotton-bud-ini-caranya-yang-benar