Saturday, August 27, 2016

Frequency

I'm still here, Chief.
Hari minggu pagi adalah saat yang tepat untuk melepas stres di kepala. Biasanya olahraga dengan bersepeda keliling-keliling, namun kali ini aku mau nonton film. Tidak perlu pergi ke bioskop, karena rasa malas sedang melanda.

Sehingga pilihan untuk nonton film jatuh kepada aplikasi HOOQ. Dan film yang beruntung yang aku pilih adalah Frequency (2000).


Frequency adalah film yang menceritakan tentang seorang anak bernama Johnny Sullivan yang kehilangan ayahnya Frank Sullivan karena sebuah kebakaran yang terjadi pada bulan Oktober 1969. Pada bulan tersebut pula terjadi fenomena alam yang luar biasa yaitu aorora borealis.

Aurora adalah fenomena alam yang menyerupai pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari (angin surya).

Pada bulan Oktober 1999, 30 tahun kemudian fenomena alam aorora borealis terjadi kembali. Dan tanpa sengaja Johnny Sullivan menggunakan radio lama dan kemudian terjadi fenomena aneh terjadi, dimana ia dapat berkomunikasi dengan ayahnya dimasa lalu.

Dengan menggunakan frequency radio tersebut Johnny Sullivan berusaha menyelamatkan ayahnya agar tidak mendapatkan celaka saat memadamkan kebakaran. Beberapa kejadian juga coba diselamatkan oleh sang anak dari masa depan dengan mengirimkan berita kepada sang ayah yang berbeda jarak dan waktu.

Yang menarik adalah meskipun sang ayah selamat dari kebakaran namun hal tersebut tidak mampu menghadirkan sang ayah pada tahun 1999, karena sang ayah mati 10 tahun yang lalu atau tahun 1989 dikarenakan penyakit kanker yang diakibatkan rokok yang selalu dihisap oleh sang ayah.

Kemudian sang ayah berhenti merokok dengan ditandai pada film sang ayah meremas bungkus rokok dan membuangnya ke tempat sampah. Dan di ending film tahun 1999 sang ayah masih tetap hidup dan mampu bersua dengan sang anak bahkan sang cucu.

Memang sinopsis ini tidak lengkap, karena sengaja hanya menampilkan secuplik adegan, agar orang yang terdekat dan orang yang tersayang berhenti merokok demi kesehatan dan demi keluarga.


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Aurora