Wednesday, April 30, 2014

Dua Menit Dua Kali


Dua menit dua kali. Ya, itu adalah formula menyikat gigi yang baik dan benar. Dua menit artinya lama waktu saat kita melakukan gosok gigi, karena jika terlalu cepat atau kurang dari 2 menit, dapat dipastikan gosok giginya tidak baik dan benar serta tidak menyeluruh. Sehingga terdapat sisa-sisa kotoran gigi yang menempel.

Dua kali artinya dalam satu hari kita wajib melakukan gosok gigi, yaitu pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.



Tata cara dalam menyikat gigi pun perlu diperhatikan, yaitu:

Menyikat dari gigi depan, dari bagian  merah (gusi)  ke putih (gigi). Gosok gigi searah dan tidak bolak-balik. Untuk gigi bagian dalam atau gigi geraham sikat dari dalam ke arah luar, satu arah, hingga bersih.

Sikat gigi Anda satu persatu, jangan sekaligus. Habiskan paling tidak 12-15 detik di setiap area rongga mulut atau 8 kali gosokan minimal  pada masing-masing bagian gigi, baik gigi depan maupun belakang agar semua sisa makanan terbuang.

Posisikan sikat membentuk sudut 45°. Lalu, gosok gigi Anda dengan gerakan memutar atau vertikal secara perlahan, dimulai dari permukaan gigi luar. 

Sikat permukaan gigi depan atas dan bawah dengan metode vertikal. Cara ini akan memastikan kotoran terbuang dari sela-sela gigi.

Sebaiknya tunggu 45 menit sebelum Anda menggosok gigi setelah mengonsumsi soda, anggur atau minuman bersifat asam seperti jus jeruk. Minuman-minuman tersebut meninggalkan sisa asam dan membuat gigi Anda rapuh. Menggosoknya justru bisa mengikis lapisan email gigi.

Pilihlah bulu sikat gigi dengan tingkat kekerasan soft atau medium. Jika sikat gigi Anda sudah digunakan selama 3 bulan atau bulu sikat mulai renggang dan berubah warna, itu saatnya menggantinya dengan yang baru. Bulu sikat yang terlalu renggang bisa menyebabkan resesi pada gusi dan menimbulkan gigi sensitif.

Sumber :
http://www.2min2x.org/
http://www.ayahbunda.co.id
http://www.menshealth.co.id
http://www.infokita.web.id