Saturday, April 12, 2014

Hidup Sehat tanpa Asap


Akhir tahun 2013 dibeberapa iklan di pinggir jalan terdapat perubahan peringatan keras berbunyi: "Peringatan: Rokok Membunuhmu". Pesan peringatan tersebut disertai dengan gambar pendukung di sebelahnya. Di gambar tersebut tampak seorang perokok menghembuskan asap di mana di sebelahnya terdapat tengkorak. Ada pula tulisan 18+.



Sebelumnya iklan untuk produk rokok tulisan peringatan tersebut cukup panjang, yaitu "Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin."

Semua itu telah diatur dalam Permenkes 28/2013: Pencantuman Peringatan dan Informasi Kesehatan pada Kemasan Rokok terdapat lima gambar peringatan yang harus ditampilkan yakni kanker mulut, kanker tenggorokan, paru-paru yang menghitam karena kanker, gambar orang merokok dengan asap membentuk tengkorak, dan gambar orang merokok dengan anak di dekatnya.

Namun dua gambar, yakni gambar orang merokok dengan anak di dekatnya dan gambar orang merokok dengan asap membentuk tengkorak, tidak sesuai dengan Peraturan Pemerintah 109/2012 karena memperlihatkan bentuk rokok. 

Pusat Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan akan melakukan revisi Permenkes 28/2013 tentang pencantuman peringatan kesehatan dan informasi kesehatan pada kemasan produk tembakau terutama mengenai diberlakukannya `Pictorial Health Warnings` (PHW) sebagai iklan.




Jumlah perokok di Indonesia mencapai 52 juta jiwa meningkat 57 persen dalam kurun waktu 30 tahun terakhir. Berikut adalah bahaya rokok bagi kesehatan, seperti dapat menyebabkan berbagai penyakit yaitu :

Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah
Pengkroposan tulang atau yang dikenal dengan osteoporosis
Putus haid awal
Bronkitis
Batuk
Penyakit ulser peptik
Emfisima
Otot lemah
Penyakit gusi
Kerusakan mata
Kanker perut
Kanker usus dan rahim
Kanker mulut
Kanker Esofagus
Kanker tekak
Kanker pankreas
Kanker payudara
Kanker paru-paru
Capek dan Pegal-pegal
Penyakit saluran pernafasan kronik
Melahirkan bayi yang cacat
Keguguran bayi
Kemandulan
Strok

Mari kita terapkan pola hidup sehat dengan makan dengan menu makanan sehat bergizi seimbang, olah raga teratur dan juga istirahat yang cukup.


Sumber :
http://www.republika.co.id
https://id.berita.yahoo.com
http://health.detik.com
http://sehatnegeriku.com