Saturday, February 18, 2023

Kaca Jendela Mobil Macet

Kaca jendela pintu sebelah depan kiri sudah agak lama saat dibuka bunyi "jleduk". Namun dikarenakan masih berfungsi jadi aku biarkan. Kemudian gantian kaca jendela pintu sebelah depan kanan yang akhir-akhir ini miring, kurang presisi. 

Dan 2 hari terakhir tiba-tiba kacanya tidak bisa turun. Sehingga saat bayar tol atau saat bayar parkir harus buka pintu terlebih dahulu. Tentunya kita pastikan dahulu bahwa penyebab jendela kaca mobil tak bisa dibuka bukan karena tombol lock power window tidak aktif.

Akhirnya mumpung libur hari ini aku ke bengkel. Sekalian ganti oli mesin rutin 5000 km.

Setelah dibuka dan dibongkar akhirnya ditemukan akar masalah pada kaca jendela pintu sebelah depan kiri, yaitu dudukan atau penjepit kaca pintu mobil yang retak dan pecah. Meski 1 yang pecah, namun karena terdapat 2 unit sehingga harus diganti sepasang.

Kemudian gantian bongkar yang sebelah kanan. Ditemukan beberapa penyebab, tidak hanya 1 saja. Mulai dari dudukan atau penjepit kaca pintu mobil, lalu dinamo, tombol power window dan regulator.

Untuk dinamo, biasanya karena usia (lebih dari 10 tahun misalnya) maka dinamo menjadi lemah. Oleh teknisi akan dicek kondisi dinamonya. Lebih baik dinamo diganti baru meskipun harga yang lebih mahal, namun akan menjadi lebih awet daripada rekondisi.

Untuk tombol power window, dengan seiring waktu dan seringnya pemakaian memang lumrah akan bermasalah. Dan menjadi umum jika power window bermasalah pada mobil yang usianya lebih dari 10 tahun. 

Penyebab paling umum adalah karena komponen tersebut kotor karena kotoran dan debu yang menumpuk sehingga mengganggu kinerja. Penyebab lain adalah karena kena air, untuk itu usahakan tidak sering terkena air baik dari air hujan atau air saat mencuci mobil. 

Kemudian yang terakhir adalah regulatornya.

Regulator kaca yang rusak juga bisa disebabkan karena usia dan pemakaian. Pada regulator tersebut terdapat gigi (penggerak), jika sudah aus maka akan oblak. Sehingga jika regulator rusak akan menyebabkan kaca tak bisa menutup dengan sempurna yang telihat posisi kaca menjepit bagian atas frame pintu tak bisa presisi.


Sumber :

https://www.lazada.co.id/products/penjepit-kaca-universal-dudukan-kaca-pintu-mobil-i5280252921.html?lzd_navbar_hidden=true

https://www.carmudi.co.id/journal/biaya-servis-dan-tips-perawatan-power-window/

https://www.viva.co.id/otomotif/tips/871045-kaca-mobil-tiba-tiba-tidak-bisa-dibuka-apa-yang-rusak?page=all 

https://kumparan.com/kumparanoto/kaca-mobil-bermasalah-komponen-ini-bisa-jadi-penyebabnya-1teqor6QjL2/full

https://carreview.id/how-to/regulator-kaca-jangan-langsung-diganti-jika-rusak/8160

No comments:

Post a Comment

Related Posts