Sunday, April 1, 2012

April Mop : Pengertian dan Sejarah


April Mop atau April Fools' Day adalah pada tanggal 1 April orang dianggap boleh berbohong dengan memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Sehingga banyak tipu-menipu dan lelucon lainnya terhadap keluarga, musuh, teman bahkan tetangga. 
April Mop dalam bahasa Belanda yang berarti Kelakar atau Dogeng. Dalam bahasa Inggris dikenal April Fools' Day dan April Noddie sebutan buat orang-orang yang tertipu. Di Skotlandia April Mop diperingati selama 2 hari yang dinamakan April Gowk, dan pada hari kedua dinamakan Taily Day yang dikhususkan mengarah ke fisik seseorang pada anggota badannya.

Di Perancis disebut Poissin d'Avril artinya ikan April oleh sebab itu anak-anak biasanya saling mengganggu dengan mengunting gambar ikan dan menempelkannya di belakang punggung temannya sebagai lelucon. 

Tapi Spanyol merayakan April Mop pada tanggal 28 Desember yang disebut Dia de los Santos Inocentes artinya hari anak tak bersalah sampai pemerintahan Spanyol mengeluarkan undang-undang baru agar tanggal 28 Desember 1978 diundur sehari supaya tidak dijadikan bahan tertawaan atau dianggap sebagai lelucon.

Kisah April Mop dimulai saat penanggalan Romawi yang hanya terdiri dari sepuluh bulan, sehingga Tahun Baru dirayakan pada 1 April. Masyarakat Romawi kuno merayakan dengan pesta karnaval yang disebut Quirinalia. Pada tanggal tersebut di anggap sebagai hari pergantian tahun (kata April diserap dari bahasa Belanda Aprire, artinya membuka). 

Paus Gregory telah memperkenalkan sistem penanggalan baru yang diawali dengan bulan Januari, tetapi sosialisasi tidak mencapai semua kalangan dan bahkan banyak yang tidak percaya ketika diberitahukan perihal tersebut. Pada tahun 1564 pun Raja perancis Karel IX mengadakan perubahan penanggalan dari tanggal Romawi menjadi tanggal Anno Domini seperti yang kita pakai sekarang pada Tahun Baru diadakan dan dirayakan tanggal 1 Januari. 

Namun karena informasi saat itu kurang jelas jadi merayakan Tahun baru pada tanggal 1 April, karena kesalahan itulah makanya jadi bahan tertawaan, mulai dari situlah timbul istilah maupun kebiasaan April Mop yang dilakukan pada tanggal 1 April. Sehingga mereka tetap merayakan tahun baru setiap tanggal 1 April. Merekalah yang disebut April Mop, atau orang-orang yang tertipu di bulan April.

Teori lain yang dimuat di Washington Post mengatakan bahwa tradisi ini dimulai pada jaman Romawi Kuno. Saat itu ada perayaan kepada dewi Ceres, Dewi Panen. Konon putri sang Dewi diculik oleh Pluto, dewa dunia gaib. Ceres diceritakan mengikuti gema suara teriakan anaknya, hal yang mustahil, sebab gema sangat sulit dicari sumber asalnya. Sehingga Ceres dikatakan melaksanakan A Fools Errand atau tugas orang bodoh. 

Teori lain lagi yaitu oleh para agamais di Eropa menilai bahwa asal muasal April Mop merupakan tanggal lahir dan kematian Judas Iskariot yang menghianati Yesus, gurunya. Yudas identik dengan Iblis yang suka berdusta. 

Ada pula yang menganggap April Mop berasal dari hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara Salib lewat cara-cara penipuan. Yaitu para tentara salib merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekedar hiburan atau keisengan belaka.

Dari berbagai sumber