Tuesday, April 23, 2013

Dari Kelas Diskusi SSG


Sumber : http://surabaya.tribunnews.com/2013/04/21/dari-kelas-diskusi-ssg


Dari Kelas Diskusi SSG

Minggu, 21 April 2013 19:16 WIB | Dibaca: 240 | Editor: Tri Hatma Ningsih | Sumber : Surya Cetak

Oleh : Taufan Yanuar  
Pemerhati Logistic & SCM 
yanuartaufan@gmail.com 
Pertemuan Surabaya Study Group (SSG) Minggu (14/4/2013) lalu menyisakan banyak catatan menarik. Pertama, ini merupakan pertemuan SSG ke-20 sekaligus ulang tahun ke-3, sejak reborn atau reactivation pada 11 April 2010, sebagai upaya meneruskan SSG yang sebenarnya dirintis sejak 2004 namun sempat vakum.

Catatan menarik lainnya, ini menjadi kegiatan pertama SSG diluar kandang, karena semua pertemuan selama ini selalu dihajat di PT IMS Logistic, Sidoarjo. Pertemuan kali ini diadakan di kampus ITS S, bekerja sama dengan LSCM Teknik Industri ITS. 

Sedikit mundur ke belakang, SSG adalah komunitas non profit untuk memajukan SDM dan industri di Indonesia, khususnya di Jawa Timur. Komunitas ini secara berkala melakukan belajar bersama mengenai berbagai topik yang berhubungan dengan production & operations management. 
 
SSG mempunyai visi cukup mulia, yaitu belajar dan ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan keunggulan bersaing industri Indonesia. Proses belajar bersama ini dibimbing banyak pakar, akademisi dan praktisi yang kompeten di bidangnya masing-masing. Sumber pembelajaran memang dapat diperoleh dari mana saja, tak harus di sekolah formal, SSG menjadikan proses pembelajaran itu menjadi menarik karena pakar dan anggota bertemu untuk berbagi.

Pertemuan kali ini bertema cukup menarik, logistics yang disampaikan Prof Ir I Nyoman Pujawan, MEng PhD CSCP. Sekitar dua puluh peserta dengan profesi berbeda dari berbagai kota menyimak paparan Nyoman Pujawan. Logistic, jelas Pujawan, bagian dari proses rantai pasok mulai dari perencanaan, implementasi hingga kontrol dari efisiensi dan efektivitas dari aliran dan penyimpanan barang, pelayanan dan informasi yang terkait dari titik asal barang hingga titik konsumsi dalam rangka memenuhi kebutuhan pelanggan. 

Poin demi poin materi disampaikan pemateri dengan gamblang dan mengalir. Peserta aktif merespons dan pemateri menanggapi positif sehingga suasana belajar dan diskusi hidup dan menarik. Semoga visi mulia SSG dapat tercapai.

- See more at: http://surabaya.tribunnews.com/2013/04/21/dari-kelas-diskusi-ssg#sthash.fIpBRxXL.dpuf