Saturday, July 27, 2013

Tips Mudik Lebaran


Tips untuk pengemudi.
- Siapkan fisik yang prima. 
- Beristirahat setiap empat  jam perjalanan.
- Siapkan obat-obatan P3K dalam kendaraan. 
- Tetap disiplin dalam mengemudi dan patuhi rambu lalu lintas.

Tips untuk penumpang.
- Persiapkan fisik yang prima.
- Bawa makanan dan minuman yang cukup untuk pejalanan juga siapkan obat-obat pribadi.
- Istirahat  cukup dalam perjalanan. 
- Cuci tangan pakai sabun sebelum makan.

Tips anggaran mudik.
- Transportasi
Besar kecil biaya mudik itu tergantung berapa hari akan mudik di kampung, berapa banyak jumlah orang yang menjadi tanggungan, dan akan kemana saja selama mudik di kampung.

- Akomodasi
Selama mudik akan menginap di rumah orang tua atau terpaksa menginap di penginapan karena kapasitas rumah yang terlalu penuh.  

- Konsumsi
Anggaran konsumsi mudik yang perlu diperhitungkan adalah soal makan dimana, dengan lauk apa, dan berapa lama menginap selama di tempat tujuan. 

- Angpao
Siapkan uang angpao juga. Sayangnya, mudik juga sama artinya dengan menyiapkan angpao lebih banyak karena bertemu dengan banyak saudara yang lain.

Tips mobil anti mogok. 
- Tips 1 - Tune Up
Tune up kendaraan dilakukan agar menyegarkan kondisi mesin mobil, agar nyaman dan aman ketika berkendaraan jauh. Jangan sampai kenyamanan dan keamanan berkendara terganggu karena performa mesin yang pincang, terutama pada saat melintasi jalanan yang tidak rata dan tanjakan.

- Tips 2 - Ganti Oli
Ganti oli merupakan satu hal yang harus dilakukan. Salah satu alasannya adalah untuk mengurangi risiko overheating pada mesin. Kenaikan temperatur mesin kendaraan menjadi lebih lama apabila  menggunakan oli yang baru. Semakin tinggi beban mesin kendaraan, semakin tinggi resiko mengalami overheating.

- Tips 3 - Suspensi Kendaraan
Selain mesin, suspensi kendaraan juga penting untuk diperhatikan ketika berkendara jauh. Suspensi belakang berfungsi untuk menahan berat kendaraan dan suspensi depan untuk pengendalian kendaraan, dan untuk mendapatkan stabilitas berkendara yang baik, kondisi suspensi harus benar-benar prima.

- Tips 4 - Ban
Untuk memastikan kendaraan memiliki handling yang baik untuk berkendara jarak jauh, pastikan kendaraan telah melewati proses spooring dan balancing. Tekanan pada ban juga perlu diperhatikan, karena ban tidak hanya berfungsi untuk handling namun juga sebagai suspensi.

- Tips 5 - Rem
Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah rem. Rem merupakan hal yang sangat penting untuk keselamatan berkendara.
Pastikan rem berfungsi dengan baik. Ganti minyak rem dengan yang baru, pastikan kondisi kampas rem, sistem caliper, sil dan master rem dalam kondisi baik.


Sumber:
http://www.tribunnews.com