Saturday, August 3, 2013

Memperbaiki Lantai Kamar Mandi yang Bocor


Semakin lama sebuah rumah berdiri, beberapa bagian pasti mengalami penurunan fungsi atau kualitas. Tembok atau dinding rumah yang retak kecil, Anda bisa menambal atau memperbaiknya sendiri dengan cara yang relatif mudah. Perlengkapan yang diperlukan antara lain kape , semen khusus untuk retak rambut, kuas atau sikat, cat sewarna dinding.

Pertama, bersihkan area yang mengalami retak rambut menggunakan sikat atau kuas hingga bersih. Setelah itu, kelupas cat yang ada di sekitar area yang mengalami retak kecil. 

Setelah cat mengelupas, aplikasikan semen khusus untuk retak rambut secukupnya ke area yang mengalami retak rambut dengan menggunakan kape . Haluskan hingga permukaannya tertutup rata. Setelah itu, tunggu hingga kering, kemudian cat dengan cat yang sewarna.

Nat  adalah area yang berfungsi membatasi atau menjadi “perekat” antar keramik pada lantai atau bak kamar mandi. Di dalamnya, diisi oleh material semacam semen (grout ) yang banyak dijual di pasaran. Biasanya terdapat dua jenis grout yaitu kemasan bubuk seperti semen atau yang sudah dicampur air seperti pasta gigi. 

Seiring usia, nat  pada keramik lantai atau bak mandi mulai lepas atau pecah-pecah, sehingga penampilan keramik pada lantai atau bak mandi menjadi tidak bagus. Jika didiamkan, lama-kelamaan keramik di sekitarnya bisa mengalami keretakan juga. Pada keramik bak mandi, nat  yang lepas bisa menyebabkan air di dalam bak merembes.

Sebetulnya tak sulit mengisi nat  yang mulai bolong atau pecah-pecah. Perlengkapan yang dibutuhkan antara lain pengisi nat  (grout ), kuas atau sikat halus, kape , spons atau lap basah. Pertama, bersihkan nat  yang rusak dengan menggunakan sikat atau kuas. 

Jika perlu, “bongkar” saja isi nat  supaya Anda lebih mudah mengisinya kembali dengan grout . Setelah bersih, Anda tinggal memasukkan grout  ke dalamnya dengan menggunakan kape . Ratakan hingga seluruh area nat  yang rusak tertutup. Setelah rata, bersihkan area di sekitarnya dengan spons atau lap basah.

Sumber : tabloidnova.com