Thursday, July 11, 2013

Qolbu (Hati)


Qolbu atau Qolbun dalam bahasa Arab mempunyai arti hati. Makna dasar kata ini adalah membalik kembali, pergi maju-mundur, berubah, bolak-balik, naik-turun, mengalami perubahan. 

Dalam bahasa umum hati juga sering disebut jiwa atau ruhani. Jadi bukan hati fisik, tetapi hati maknawi, atau hati ruhaniah. Sesuatu yang bisa merasakan sakitnya perkataan, merasakan sedih dan gembira, susah dan senang, lapang dan sumpeg.  

Alquran menggunakan istilah qalb (hati) sebanyak 132 kali. Rasulullah saw. mengatakan bahwa qalb— karena sifat berubah-ubahnya—bagaikan selembar bulu di gurun pasir; angin membolak-baliknya dari atas ke bawah. 

Salah satu istri Nabi meriwayatkan bahwa dia sering berdoa, " Wahai Dia Yang membuat hati berubah-ubah, tetapkan hatiku pada agama-Mu!" 

Jadi qalb bukan sesuatu yang konstan, melainkan bisa mengalami pasang-surut dan berubah-ubah dari satu ke-adaan ke keadaan yang lain.

Penyakit ada di jasmani dan penyakit ada di ruhani maka pengobatannya juga ada pengobatan jasmani dan ada pengobatan ruhani.



Qola Rosululloh SAW, ”‘Alaikum bisy-syifaa ainil ‘asalu wal qur anun”
Artinya : Hendaklah kamu menggunakan dua macam obat yaitu Madu dan Al Qur’an

Madu adalah benda untuk obat penyakit jasmani. Al-Qur’an adalah wahyu Ilahi untuk obat penyakit ruhani, obat penyakit hati.


Dari berbagai sumber