Sunday, May 4, 2014

Antara Reff dan Chorus


Struktur lagu dari suatu lagu terdiri dari verse, reff dan chorus.

Verse atau bait adalah awal penceritaan dari lagu. Yang kemudian dilanjutkan dari verse 1 ke verse 2 dan seterusnya.

Reff atau Reffrain mempunyai arti pengulangan yaitu bagian lagu yang dinyanyikan berulang-ulang. Reff lebih sederhana daripada chorus, Reff/Reffrain yang bermakna pengulangan biasanay menggunakan bagian lain dari lagu (biasanya verse) untuk diulang di bagian ini. Notasi pengulangannya sama dan syairnyapun sama, namun tidak menutup kemungkinan syairnya sedikit dimodifikasi, hanya biasanya tak jauh dari reff yang pertama, atau istilah lainnya beda-beda tipis. Inilah yang seringkali tertukar, reff dianggap chorus dan demikian sebaliknya.

Chorus disebut juga klimaks atau puncak dari sebuah lagu. Ide utama dari sebuah lagu biasanya terdapat dalam bagian ini. Chorus merupakan bagian yang paling ditunggu-tunggu dalam sebuah lagu, biasanya statement atau misi utama lagu ada di bagian ini. Chorus memiliki nilai excitement yang lebih tinggi dari Verse. Melodi Chorus biasanya sudah merupakan pengembangan lebih lanjut dari Verse, yang mengandung lompatan klimaks.Chorus menggunakan pola melodi yang berbeda dan lebih nyaman daripada verse, kord yang digunakan pun berbeda dengan verse.

Seringkali chorus disamakan dengan reff karena dalam sebuah lagu biasanya bagian chorus-lah yang dinyanyikan berulang-ulang, padahal tidak semua reff adalah chorus.

Sumber :
http://hiburan.kompasiana.com
http://napetis.blogspot.com