Wednesday, May 20, 2015

Lonely Day due to Smartphone


Manfaat dari smartphone sebenarnya adalah untuk memudahkan hidup banyak orang, baik dalam bekerja maupun berkomunikasi dengan orang-orang tercinta. Namun demikian, siapa sangka, ternyata ponsel pintar memiliki efek negatif pada kehidupan sosial Anda.

Salah satunya adalah membuat orang-orang di dekat Anda merasa tersisih. Sebab, hal ini membuat orang-orang terdekat merasa keberadaannya seperti tak berarti dan hanya buang-buang waktu.

Ketika seseorang tidak memperhatikan Anda karena ia terhubung dengan orang lain lewat ponsel pintar, kondisi ini bisa menganggu emosi yang positif. Beberapa di antaranya adalah koneksi interpersonal yang berantakan dan dapat menciptakan kekecewaan dan frustrasi pada pihak yang terabaikan.

Kebiasan bolak-balik mengecek ponsel pintar, merupakan pantulan kemampuan bersosialisasi yang buruk dan kaku.


Media sosial bagai pedang bermata dua; mendekatkan orang dari jarak yang jauh, tetapi, jika tak bijak menggunakannya, bisa menjauhkan orang yang dekat dengan Anda. Hal ini diperkuat lewat survei yang menyatakan bahwa satu di antara tujuh kasus perceraian antar-pasangan disebabkan oleh Facebook.

2.000 pasangan Inggris yang telah menikah ini juga menunjukkan bahwa satu di antara lima pasangan bertengkar tiap hari karena konflik yang disebabkan oleh media sosial.

Selain itu, Faacebook juga membuat dunia semakin kecil. Dengan mudah, pasangan dapat melihat dan membandingkan kehidupan pasangan pada masa lalu dan masa sekarang. Bukan hanya menyebabkan konflik, Facebook tak jarang akhirnya memperkeruh hubungan yang sedang berada dalam konflik.

Media sosial juga dapat membuat proses perceraian makin sulit. Perceraian sendiri telah membuat stres, apalagi jika semua orang merespons lewat posting yang diunggah di media sosial.


Pernahkah Anda ngobrol dengan teman di grup chatt sampai dini hari? Atau Anda punya kebiasaan meletakkan ponsel di dekat bantal? Saat tidur sebaiknya simpan ponsel atau gadget jauh dari tempat tidur.

Ketahui apa saja bahaya kesehatan jika kita tidur bersama ponsel.

- Risiko terbakar
Sudah cukup sering terjadi kasus ponsel pintar meledak dan terbakar di tempat tidur.

- Mengganggu tidur
Ponsel, tablet, TV, dan berbagai perangkat gadget yang menggunakan layar LED akan mengeluarkan cahaya biru. Sinar ini diketahui akan menghambat produksi hormon melatonin yang kita butuhkan agar bisa mengantuk. Terganggunya produksi melatonin juga akan merusak jam biologis tubuh.

- Bahaya radiasi
Secara umum ponsel dan gadget lain mengeluarkan radiasi elektromagnetik dalam dosis rendah. Jumlah yang sama juga dikeluarkan oleh microwave dan alat rontgen.

Organisasi kesehatan dunia (WHO) menyebutkan radiasi tersebut bisa bersifat karsinogen pada manusia, terutama pada anak-anak. Itu sebabnya, jika Anda masih memiliki anak kecil, jauhkan perangkat gadget dari kamar tidur.


Lonely Day
by Phantom Planet

I could tell from the minute I woke up 
It was going to be a lonely lonely lonely lonely day.

Rise and shine rub the sleep out of my eyes 
And try to tell myself 
I can't go back to bed
It's gonna be a lonely lonely lonely lonely day.

Even though the sun is shining down on me and I should feel about as happy as can be
I just got here and I already want to leave
It's gonna be a lonely lonely lonely lonely day

Everybody knows that something's wrong
But nobody knows what's going on
We all sing the same old song
When you want it all to go away
It's shaping up to be a lonely day

I could tell from the minute I woke up it was going to be a lonely lonely lonely lonely day.


Sumber :
http://female.kompas.com/read/2014/10/08/163009620/Ponsel.Pintar.Mendekatkan.yang.Jauh.Menjauhkan.yang.Dekat
http://female.kompas.com/read/2015/05/03/130000220/Hati-Hati.Facebook.Terbukti.Picu.Perceraian.di.Era.Modern
http://health.kompas.com/read/2014/08/02/124433523/Jangan.Tidur.Dekat.Ponsel