Saturday, May 16, 2015

Isra’ Mi’raj


Sebelum peristiwa Isra’ Mi’raj terjadi, Rasulullah mengalami duka cita yang amat sangat mendalam. Beliau ditinggal oleh Khadijah, istrinya tercinta. Lalu beliau juga ditinggal oleh Abu Thalib, pamannya yang sangat melindungi Nabi Muhammad.

Disaat itulah peristiwa Isra' Mi'raj berlangsung selama semalam tersebut, dimana perjalanan final tersebut adalah perintah Allah mengenai sholat 5 waktu yang harus dilaksanakan oleh tiap muslim.

Sholat merupakan wujud taat pada perintah Allah dan Rasul-NYA, dimana yang taat pada Allah dan Rasul-NYA akan mendapatkan surga seebagai balasannya dan yang mengingkari maka neraka ganjarannya.

Peristiwa Isra’ Mi’raj terjadi pada tanggal 27 Rajab tahun 621 M, 3 tahun sebelum hijrah. Nabi Muhammad SAW saat itu berusia 51 tahun. Peristiwa luar biasa ini terjadi mulai dari lepas tengah malam sampai menjelang waktu subuh waktu Mekah.

Menurut bahasa shalat artinya adalah berdoa, sedangkan menurut istilah shalat adalah suatu perbuatan serta perkataan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam sesuai dengan persyaratkan yang ada.

Hukum sholat fardhu lima kali sehari adalah wajib bagi semua orang yang telah dewasa atau akil baligh serta normal tidak gila. Tujuan shalat adalah untuk mencegah perbuatan keji dan munkar.


Sumber :
http://www.organisasi.org/1970/01/pengertian-shalat-wajib-fardhu-hukum-rukun-syarat-sah-tujuan-dan-kondisi-batal-sholat.html