Tuesday, December 6, 2016

Arrow

“Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah dari pada mukmin yang lemah. Walau pada keduanya terdapat kebaikan.” (HR. Muslim).

Untuk menjadi orang yang lebih sehat dna lebih kuat, maka kita patut meneladani Nabi Muhammad dalam berolahraga. Ada lima olahraga yang dicontohkan Rasulullah saw. Yaitu
  1. Jalan kaki.
  2. Gulat. atau bela diri.
  3. Berkuda.
  4. Berenang.
  5. Memanah.

Olahraga memanah membutuhkan ketepatan dan ketangkasan dalam menembakkan anak panah. Memanah memberikan manfaat seperti: melatih konsenterasi, kesabaran, dan ketepatan sehingga memudahkan untuk mengontrol diri kita.

Ada beberapa jenis busur yang bisa dipilih, yaitu diantaranya adalah :

Standard bow
Sejenis recurve bow yang lebih generik.

Busur Tradisional
Bahannya kayu dan bambu. Bentuknya mirip standard bow.

Horse bow
Bahannya biasanya adalah fiber atau PVC. Horsebow fiber jenis take down (bisa bongkar pasang).

Short bow
Busur ini merupakan versi lebih pendek dari longbow maupun flatbow. Hanya saja, busur ini memiliki kelemahan tarikan yang tidak bisa panjang karena busurnya pendek. Efeknya, daya jangkau dari anak panah yang dilesatkan juga lebih pendek.

Flat bow
Busur jenis ini hampir-hampir tidak melengkung. Limb-nya rata dan penampangnya relative lebih lebar. Bentuknya lebih terlihat seperti persegi. Namun demikian, flatbow modern sekarang ini justru lebih mirip dengan longbow klasik.

Long bow
Longbow memiliki panjang yang bahkan sampai melebihi tinggi pemakainya. Busur ini memiliki ketebalan limb yang relative sempit dan penampangnya berbentuk seperti huruf D. dibandingkan busur jenis lainnya, lengkungannya relative kecil.

Recurve Bow
Busur inilah yang saat ini digunakan di Olimpiade. Beratnya yang sangat ringan membuat busur ini disukai oleh para atlet panahan profesional untuk digunakan sehari-hari. Prinsip kerja busur ini sama persis dengan longbow tradisional.

Keunggulannya, material yang digunakan berkualitas dan ringan, namun tetap dapat memberikan lengkungan yang optimal sehingga membantu tarikan dan kecepatan yang jauh lebih cepat dibanding jenis busur tradisional.

Compound
Perkembangan terakhir alat panahan adalah busur jenis compound. Busur ini baru diciptakan sekitar tahun 1970an. Busur ini didesain untuk memiliki ketepatan tinggi. Di ujung busur terdapat katrol (cam). Alat cam dibuat untuk menahan beban tarikan ketika mencapai tarikan penuh (full draw). Dengan cara ini, pemanah bisa memegang alat lebih stabil dan juga anak panah bisa melesat lebih cepat. Alat pelepas tali busur adalah alat bernama release aid.


Sumber :
http://www.daaruttauhiid.org/berita/read/922/aa-gym-sehat-jasmani-dan-rohani-dengan-olahraga-sunnah.html
http://ikhwannakhwat.blogspot.co.id/2012/02/olahraga-yang-disunnahkan-islam.html
http://papatembak.blogspot.co.id/2016/07/cara-memilih-bowbusur-dan-arrowanak.html
http://www.tandapagar.com/panahan/
http://www.sekolahpanahan.com/jenis-panahan/