Tuesday, December 13, 2016

KB dan KITE

Fasilitas Kawasan Berikat (KB) dan Fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE)

Untuk meningkatkan ekspor pemerintah memberikan kemudahan dengan memberikan fasilitas di bidang Kepabeanan, Cukai, dan Perpajakan bagi perusahaan manufaktur yang berorientasi ekspor. Ada 2 macam fasilitas yaitu, fasilitas Kawasan Berikat (KB) dan fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE).

Kawasan Berikat atau Bonded Zone adalah kawasan dengan batas-batas tertentu yang diberlakukan ketentuan khusus yaitu barang-barang yang dimasukkan dari luar daerah pabean atau dari dalam daerah pabean Indonesia lainnya tanpa terlebih dahulu terkena pungutan bea-cukai sampai barang tersebut dikeluarkan dengan ekspor.

Sumber foto : http://www.imexport.gov.lk/web/

Perbedaan fasilitas Kawasan Berikat (KB) dan fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE).

Fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) adalah pemberian pembebasan atau pengembalian Bea Masuk (BM) dan Cukai serta PPN dan PPnBM atas impor barang dan bahan untuk diolah, dirakit, atau dipasang pada barang lain yang hasilnya terutama untuk tujuan ekspor.

Fasilitas KB diberikan kepada industri pada hampir semua barang yang dimasukkan ke KB. Sedangkan fasilitas KITE diberikan pada barang berupa bahan baku yang diolah, dirakit atau digabung dengan barang lain dengan tujuan untuk diekspor.

Fasilitas KB mendapat fasilitas atas bahan baku, barang modal dan peralatan, sedangkan fasilitas KITE mendapat fasilitas hanya atas bahan baku saja.

Fasilitas KB merupakan fasilitas dengan  jenis pemberian fasilitas yang terbanyak namun dengan bentuk sanksi yang paling minim.


Sumber :
http://bmginstitute.com/fasilitas-kawasan-berikat-kb-versus-fasilitas-kemudahan-impor-tujuan-ekspor-kite/
http://www.kanal.web.id/2016/07/pengertian-kawasan-berikat-dan.html
http://www.beacukai.go.id/arsip/fas/kite.html
http://kawasanberikat.blogspot.co.id/2006/08/fasilitas-dan-manfaat-kawasan-berikat_16.html
http://fasilitaskite.blogspot.co.id/2008/05/sekilas-mengenai-fasilitas-kite.html
http://budinugroho.blogspot.co.id/2010/11/perbandingan-kawasan-berikat-dengan.html