Thursday, December 1, 2016

Herniated Nucleus Pulposus

HNP atau Herniasi Nukleus Pulposus (Herniated Nucleus Pulposus) adalah penonjolan inti dari diskus yang menjadi bantalan tulang belakang sehingga penonjolan tersebut menekan saraf yang menimbulkan rasa sakit, kesemutan, dan kelemahan pada anggota gerak misalnya punggung, pinggang, lengan atau tungkai.

Hernia nucleus pulposus (HNP) merupakan gangguan dalam istilah medis,adalam bahasa awam disebut dengan kecetit. Kecetit leher atau kecetit pinggang. Kecetit merupakan masalah pada tulang belakang yang terjadi di tulang belakang bagian leher (cervical) serta pinggang (lumbal). Orang kerap menyebutnya

Sekitar 40–50 persen gangguan tulang belakang pada lumbal bakal membaik setelah sepekan. Sebesar 90 persen pulih setelah 6–12 pekan. Tulang belakang sebagai penyangga tubuh utama dan dalam perjalanan usia, tulang belakang mengalami mikro dan makro trauma karena aktivitas sehari-hari. Misalnya :
  1. pekerjaan mengetik yang membuat tubuh harus menunduk dalam waktu lama dan kontinyu
  2. kebiasaan tiduran dengan bantal tinggi
  3. kelebihan berat badan, 
  4. mengangkat beban berat, 
  5. memakai hak tinggi. 
  6. penuaan, 
  7. jatuh, 
  8. kecelakaan.

Olahraga yang baik untuk tulang belakang adalah yang bersifat endurance (daya tahan) mulai jalan kaki, jalan cepat, lari, bersepeda, dan berenang.


Sumber :
http://mediskus.com/penyakit/hnp-saraf-terjepit
http://www.jawapos.com/read/2017/01/17/102711/auch-kecetit-sakit-apa-sih-ini