Wednesday, December 28, 2016

Liburan Seru ke Secret Zoo

peta Secret Zoo

Empat (4) tahun lalu kita sekeluarga sudah pernah jalan-jalan untuk Liburan Seru ke Batu Secret Zoo. Dan kali ini kita berencana untuk pergi kembali jalan ke Batu untuk singgah ke Jatim Park 2 yaitu Secret Zoo.
Liburan ke Secret Zoo (2012)

Liburan ke Secret Zoo (2016)

Dan sudah menjadi rahasia umum bahwa perjalanan menuju Malang dan Batu di weekend dan hari libur yang normalnya hanya sekitar 2 jam karena faktor volume maka waktu tempuh perjalanan menjadi 4 jam bahkan lebih.

Perjalanan menuju Batu Secret Zoo

Kemacetan biasanya sudah dimulai dari tol Porong, perempatan Taman Dayu, flyover Lawang, pasar Lawang, pasar Singosari dan pertigaan Karanglo hingga akhir tujuan di Batu.

Memasuki Lokasi Wisata Batu
 
Lokasi wisata Secret Zoo di Batu bisa ditempuh dengan arah dari Surabaya sebagai berikut :
Porong – Gempol – Pandaan – Purwosari – Purwodadi – Lawang – Singosari – Karanglo - pertigaan Karanglo belok ke kanan - Karangploso - pertigaan traffic light Karangploso belok kiri - pertigaan setelah jembatan belok kanan ke arah Batu - ikuti petunjuk menuju lokasi Jatim Park 2

Oleh karena itu dari waktu liburan mulai dari hari Sabtu, tanggal 24 Desember hingga hari Minggu, tanggal 01 Januari 2017, kita mengambil di tengah minggu, yaitu hari Rabu, tanggal 28 Desember 2016, dengan harapan tidak terjebak macet. Dan kita pun berangkat pagi, jam 06.00, sehingga jika terjebak macet misalnya 4 jam, maka setidak-tidaknya kita masih sampai di tempat wisata jam 10.00

Namun seperti dugaan awal, perjalanan lancar tidak ada kemacetan sedikit pun. Sehingga perjalanan yang ditempuh hanya 2 jam saja dan kita sudah sampai di tempat wisata pukul 08.00

Gelang tiket terusan Secret Zoo

Sejatinya Jatim Park 2 Secret Zoo baru buka pukul 10.00, dan ternyata menurut info terbaru di lokasi pintu Secret Zoo dibuka pukul 09.00. Kita beli tiket terusan seharga Rp 120.000 berbentuk gelang tangan anti air, yaitu paket Secret Zoo dan Museum Satwa.

Museum Satwa

Museum Satwa

MUSEUM SATWA

Museum Satwa buka pukul 08.00, jadi setelah beli tiket terusan tadi kita langsung masuk ke wahana Museum Satwa. Museum Satwa adalah tempat rekreasi di Jatim Park 2 bersebelahan dengan Secret Zoo, menyajikan satwa-satwa yang diawetkan dan fosil-fosil purba yang didatangkan dari berbagai Negara diseluruh benua, seperti benua Amerika, Afrika, Asia, Australia, Eropa, Artik, dan Antartika.

Pemandangan di depan Museum Satwa

Museum Satwa bertujuan sebagai Lembaga Konservasi Ex-Situ Satwa Liar sehingga seluruh satwa awetan yang ada di Museum Satwa diperoleh tidak dengan sengaja diburu tetapi diawetkan dari satwa yang telah mati. Di dalam Museum Satwa juga menyajikan replika satwa purba seperti Apatosaurus, Tyrannosaurus-Rex, Stegosaurus dan Mammoth.

Informasi berupa pengetahuan di dinding Museum Satwa

Koleksi Hewan Kutub di Museum Satwa

Koleksi tulang Dinosaurus di Museum Satwa

Setelah puas 1 jam keliling, kita keluar dari Museum Satwa. Dan jalan-jalan dilanjutkan ke Secret Zoo karena sudah buka tepat pukul 09.00. Kebun Binatang Batu Secret Zoo terletak di Jalan Oro-Oro Ombo No. 9, Batu, Malang, Jawa Timur, bisa dihubungi via telp  (0341) 596111.


Secret Zoo
Secret Zoo

SECRET ZOO

Kebun binatang masa kini. Sebenarnya tidak ada bedanya antara Museum Satwa dengan Batu Secret Zoo, karena sama-sama menampilkan hewan-hewan. Bedanya jika Museum Satwa menghadirkan hewan mati, sedangkan Secret Zoo menghadirkan hewan yang masih hidup.

Di depan pintu masuk Secret Zoo

Wisata Secret Zoo di Batu merupakan kebun binatang modern dengan luas area lebih dari 14 hektar yang tertata rapi dan terawat serta bersih.


Koleksi binatang Secret Zoo

Kura-kura raksasa Secret Zoo

Koleksi ikan di akuarium Secret Zoo

Nuansa Mesir di Secret Zoo

Harimau di Secret Zoo

Gajah di Secret Zoo

Menunggu hasil cetak foto di Secret Zoo

Kebun binatang ini memiliki berbagai macam koleksi hewan dari berbagai benua seperti Asia, Australia dan Afrika, yang beberapa di antaranya sudah mulai punah dan dikonservasi mulai dari Reptile Garden, Flying Lemur, Aquarium, Savanah dan  Kampung Afrika.

Adik melihat kuda dengan menjadi koboi naik kuda di Secret Zoo

Kakak melihat kuda dengan menjadi koboi naik kuda di Secret Zoo

Selain kebun binatang kita juga bisa menikmati berbagai wahana Secret Zoo yaitu diantaranya Fantasy Land, Safari Car, Safari Farm, Animal Show, kolam renang anak.

Dimakan Kingkong (Secret Zoo)


 Naik mobil di Secret Zoo
 

Naik mobil safari di Secret Zoo
 
Foto dengan latar Gunung Arjuna
 
Bermain di Playing Ground di Secret Zoo
 
Naik kereta api di Secret Zoo
 
Bermain ayunan di Secret Zoo
 
Bersiap naik perahu di River Adventure Secret Zoo
 
Puas pokoknya. Setelah melihat hewa-hewan dianjutkan bermain di berbagai wahana.


Kartu untuk keperluan makan di Secret Zoo
 
Sekitar pukul 12.00 perut sudah mulai keroncongan, tepat pukul 12.00 tersebut kita sudah berada di area tengah wahana Secret Zoo, disana banyak sekali tempat makan yang dapat kita nikmati. Pembayaran tidak cash, namun menggunakan kartu semacam kartu debet untuk itu kita perlu deposit terlebih dahulu. Saat beli di stand kita cukup menggesek layaknya kartu debet ATM.

Istirahat sejenak di Secret Zoo
 
Setelah makan, jalan-jalan di wahana Secret Zoo dilanjutkan

Mengambil foto hewan di Secret Zoo

Istirahat sejenak di Cafe Istana Semut Secret Zoo

Berfoto bersama Singa Putih di Secret Zoo

Foto terakhir di dalam Secret Zoo

Dan tidak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 15.00 sore, artinya sudah 6 jam berkeliling di Secret Zoo. Dan tibalah kita di ujung lokasi, waktunya pulang. Namun sebelum ke parkiran mobil untuk pulang kita sempatkan terlebih dahulu mencari oleh-oleh dan makan sore di stand yang ada di luar area Secret Zoo.

Istirahat sambil makan di luar Secret Zoo

Sumber :
http://www.jawatimurpark2.com/batu-secret-zoo/
https://id.wikipedia.org/wiki/Museum_Satwa
http://wisatapedi.com/wisata-secret-zoo-batu-malang-tiket-lokasi-wahana-hotel/