Sunday, December 30, 2018

Ngunduh Mantu Reza & Mila


Setelah seminggu sebelumnya melakukan perjalanan ke Bandung untuk menghadiri pernikahan dari Reza dan Mila, sekaligus acara Ngurilingan Bandung, kali ini melakukan perjalanan ke Kudus dalam rangka acara Ngunduh Mantu.

Perjalanan ke Kudus kita mulai hari Jumat, tanggal 28 Desember 2018 hingga hari Minggu, tanggal 30 Desember 2018. Selama di Kudus kita menginap di Hotel Griptha, yang berlokasi di jalan AKBP Agil Kusumadya No.100, Jati, Kabupaten Kudus.


Konon katanya, Hotel Griptha merupakan hotel bisnis bertaraf internasionaldengan lokasi yang strategis karena dekat di gerbang masuk Kota Kudus. Hotel Griptha ini memiliki 157 kamar dengan 2 keunggulan menurutku yaitu kolam renang, dan area parkir yang luas.

Jika di Kudus, kuliner yang tidak pernah dilewatkan adalah Soto Kudus. Soto kudus hampir mirip dengan soto Lamongan, yaitu dimana soto Kudus berisi suwiran ayam dan taoge. Yang menjadi lahap adalah soto Kudus disajikan dalam mangkuk kecil.

Dan yang menjadi khas adalah soto Kudus menggunakan daging kerbau. Tidak menggunakan daging sapi karena penghormatan muslim Kudus terhadap agama Hindu, yang mana sapi adalah hewan yang mereka anggap suci. Hal ini hanya sebatas anjuran yang berasal dari Sunan Kudus sebagai bentuk toleransi untuk menghargai agama lain, khususnya agama Hindu.


Sebelum pulang kita sempatkan lagi mampir ke Gusjigang. Yaitu ajaran warisan dari Sunan Kudus tentang bagaimana hidup di dunia dan di akhirat. Gusjigang merupakan singkatan dari “bagus, ngaji, dagang”.

Bagus akhlaknya, rajin mengaji, dan pandai berdagang.



No comments:

Post a Comment