Thursday, December 20, 2018

Ngurilingan Bandung

Keliling-keliling Kota Bandung

Perjalanan liburan akhir tahun yang sedianya akan kita lakukan pada tanggal 20 Desember 2018 hingga 23 Desember 2018 ke kota Bandung, sudah kita rencanakan jauh-jauh hari, yaitu tepatnya tanggal 13 September 2018.

Agar menambah keseruan pengalaman selama perjalanan, sengaja kita berangkat melakukan perjalanan menggunakan transportasi darat yaitu kereta api sedangkan pulang perjalanan kita menggunakan transportasi udara yaitu pesawat terbang.

Namun karena untuk membeli tiket kereta api paling cepat adalah 90 hari atau 3 bulan sebelum, maka tanggal 13 September 2018 tersebut kita tidak bisa membeli tiket kereta api. Sehingga yang kita beli hanya kamar hotel.


Hotel yang kita pilih adalah hotel Promenade Cihampelas Bandung, yang beralamatkan di Jalan Cihampelas No. 119 - 121 , Cihampelas, Bandung. Dengan pertimbangan hanya 1 dari istri, yaitu dekat dengan pusat perbelanjaan, yaitu Cihampelas Walk Shopping Mall di Bandung. Saking dekatnya kita tidak perlu naik kendaraan, cukup jalan kaki selama 2 menit.

Selain dekat dengan Cihampelas Walk Shopping Mall, Hotel Promenade berjarak sekitar 30 menit berkendara dari Bandara Internasional Husein Sastranegara dan jika mau menuju Lembang dapat dicapai dalam 1 jam berkendara dari hotel.

Pada tanggal 21 September 2018, atau tepat 90 hari sebelum hari H, aku beli tiket kereta api Mutiara Selatan tujuan kota Bandung dari stasiun Sidoarjo seharga Rp 600.000 per tiket, dan pada tanggal 25 September 2018 beli tiket pesawat Citilink dari bandara Bandung (BDO) Husein Sastranegara menuju Surabaya (SUB) Juanda seharga Rp 400.000 per tiket.


Dan akhirnya hari yang ditunggu-tunggu tiba juga, pada hari Kamis, tanggal 20 Desember 2018. Berdasarkan jadwal kereta api Mutiara Selatan akan berangkat pukul 18.03, sehingga kami sekeluarga pukul 16.00 sudah bersiap-siap menuju stasiun Sidoarjo.

Stasiun Sidoarjo mempunyai singkatan SDA merupakan stasiun kereta api kelas I yang terletak di Lemahputro, Sidoarjo terletak pada ketinggian +4 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi VIII Surabaya.



Kereta api Mutiara Selatan adalah kereta api kelas Campuran yang dioperasikan PT Kereta Api Indonesia di Pulau Jawa dengan jurusan Bandung - Surabaya - Malang. Kereta Mutiara Selatan membawa kereta eksekutif dan bisnis dengan rangkaian KA Mutiara Selatan sebagai berikut :
1 Lokomotif CC 206 Dipo Induk BD atau Dipo Induk SDT
3 Kereta api Kelas Eksekutif (K1 BD)
1 Kereta Makan Pembangkit (MP1/KMP2/MP2)
4 Kereta api Kelas Bisnis AC (K2 BD)
2 Kereta Bagasi Hantaran Paket atau Barang (B BD)

Perjalanan akan ditempuh selama 14 jam 30 menit hingga nanti sampai di kota Bandung, yaitu sekitar pukul 08.33 baru sampai kota tersebut. Namun dikarenakan sesuatu hal kereta api mengalami keterlambatan sehingga baru sampai di stasiun Bandung pada pukul 9 lebih.

Di hari pertama di kota Bandung ini kita langsung melakukan perjalanan ke kota Lembang. Dengan 3 tempat wisata sekaligus yaitu Farmhouse Susu Lembang, Observatorium Bosscha dan Floating Market Lembang.

Next :
Ngurilingan Bandung (1) : Farmhouse Susu Lembang, Observatorium Bosscha dan Floating Market Lembang
Ngurilingan Bandung (2) : Graha Pos Indonesia, Cihampelas Walk, Teras Cihampelas
Ngurilingan Bandung (3) : Alun-alun Bandung, Jalan Asia Afrika, Gedung Sate, Kartika Sari dan Kampus ITB