Friday, July 29, 2022

Jantung yang Sehat

Operasi bypass jantung merupakan tindakan untuk mengatasi penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah arteri koroner dengan mengalihkan fungsi arteri koroner yang rusak menggunakan cangkokan pembuluh darah baru dari organ tubuh lain.

Operasi dilakukan jika pasien menderita nyeri dada yang parah dan mengalami penyumbatan pembuluh arteri yang tidak bisa ditangani dengan pelebaran pembuluh darah menggunakan balon kecil (angioplasti) atau pemasangan ring.

Kebanyakan orang yang telah menjalani operasi bypass dapat hidup tanpa gejala penyakit jantung koroner selama 10-15 tahun. Meski risikonya rendah, operasi bypass jantung juga dapat menimbulkan komplikasi, seperti gangguan ginjal dan gagal ginjal.

Gagal ginjal akut adalah kondisi ketika organ ginjal tiba-tiba tidak mampu menyaring produk limbah dari darah. Ketika ginjal kehilangan kemampuan penyaringannya, tingkat limbah berbahaya dapat menumpuk, dan susunan kimiawi darah mungkin tidak seimbang. 

Beberapa komplikasi potensial gagal ginjal akut di antaranya, meliputi penumpukan cairan di paru-paru, yang dapat menyebabkan sesak napas, dan jika lapisan yang menutupi jantung (perikardium) meradang maka akan mengalami nyeri dada.

Pemeriksaan kadar kreatinin juga sering dilakukan sebagai salah satu cara mengetahui fungsi ginjal. Pada kondisi normal, kreatinin dalam darah disaring oleh ginjal dan dibuang melalui urine. Namun, bila terjadi gangguan pada ginjal, kreatinin tidak bisa disaring dengan baik dan kadarnya meningkat.

Kreatinin merupakan zat limbah dalam yang diproduksi oleh jaringan otot, yang diolah oleh ginjal dan dibuang melalui urine. Bila kadar kreatinin tinggi, bisa jadi ada masalah yang terjadi pada ginjal. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa saja penyebab meningkatnya kadar kreatinin dalam darah.


Sumber :

https://www.alodokter.com/operasi-bypass-jantung-ini-yang-harus-anda-ketahui

https://www.medisata.com/prosedur/operasi-bypass-jantung

https://www.halodoc.com/artikel/penyebab-kreatinin-tinggi-yang-jadi-tanda-gangguan-ginjal

https://health.clevelandclinic.org/how-much-do-you-know-about-heart-health-heres-whats-important/

https://health.kompas.com/read/2021/01/17/180800168/21-gejala-gagal-ginjal-akut-yang-perlu-diwaspadai?page=all.

No comments:

Post a Comment

Related Posts