Monday, July 11, 2022

Gigi Sensitif

Tiba-tiba saat minum air gigi terasa ngilu. Besar kemungkinan hal ini dikarenakan gigi sensitif. Salah satu penyebabnya adalah karena kerusakan pada lapisan email gigi. Lapisan email berfungsi untuk melindungi jaringan dentin dan saraf gigi. Kerusakan pada lapisan email mengakibatkan fungsi perlindungan ini menjadi terganggu, yang menyebabkan lapisan dentin dan saraf gigi menjadi terbuka dan akan menimbulkan rasa sakit ketika bersentuhan dengan makanan ataupun minuman yang manis dan dingin.

Penurunan gusi juga biasanya akan menyebabkan gigi menjadi sensitif. Dengan menurunnya gusi maka cementoenamel junction (pertemuan antara mahkota dan akar gigi) menjadi terlihat. Lapisan cementoenamel junction merupakan lapisan yang sangat tipis sehingga mudah mengalami kerusakan apabila terbuka dan akan menimbulkan masalah gigi sensitif.

Gigi manusia terdiri dari beberapa lapisan. Lapisan terluar gigi disebut sebagai email gigi (enamel), akarnya disebut sebagai sementum, dan lapisan gigi yang paling dalam lagi disebut dentin. Gigi akan jadi sensitif ketika lapisan dentin terekspos dengan lingkungan luar.

Penyebab gigi sensitif adalah kebiasaan buruk menggertakkan gigi, menggunakan sikat gigi yang sudah rusak dan agak keras, menyikat gigi dengan tenaga yang berlebihan, mengonsumsi makanan dan minuman yang manis dan asam, gigi berlubang,  dan penyakit gusi.

Pilihlah bulu sikat gigi yang tidak terlalu keras. Bulu sikat yang terlalu keras akan merusak permukaan gigi dan membuatnya menjadi tipis dan melukai gusi. Pilihlah bulu sikat gigi yang lembut dan ukuran sikat gigi yang sesuai dengan ukuran mulut agar nyaman.

Untuk mengurangi rasa ngilu adalah dengan menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. 

Gigi sensitif bisa sembuh jika cara perawatannya tepat dan dilakukan dengan telaten. Pemakaian rutin dari pasta gigi sensitif cukup ampuh untuk menyembuhkan kasus gigi sensitif yang tidak terlalu parah. Pasta gigi khusus gigi sensitif umumnya mengandung potasium nitrat atau strontium klorida yang bekerja melindungi sistem saraf dalam gigi sekaligus menghalangi sinyal rasa sakit. 


Sumber :

https://www.siloamhospitals.com/en/informasi-siloam/artikel/penyebab-dan-tips-mencegah-gigi-sensitif

https://hellosehat.com/gigi-mulut/gigi/cara-mengobati-gigi-sensitif/

No comments:

Post a Comment

Related Posts