Tuesday, August 4, 2015

Jazirah Arabia


Mayoritas nabi yang diturunkan oleh Allah merupakan dari bangsa Israel keturunan Nabi Ishak, lalu mengapa nabi terakhir sebagai penyempurna diturunkan oleh Allah dari bangsa Arab keturunan Nabi Ismail?

Berikut merupakan penjelasan dari berbagai rujukan.

Alkisah jaman dahulu terdapat 2 peradaban yang maju yaitu di utara syam negara maju dibawah kekuasaan imperium Romawi dan imperium Persia yang sudah  memiliki peradaban kuat, kekuasaan besar serta kehidupan mewah para penguasa dan penduduknya.

Sedangkan bangsa Arab jaman dahulu adalah berupa padang pasir yang tandus dan luas, sehingga dua negara super power ini tidak tertarik untuk menjadikan Jazirah Arab sebagai daerah kekuasaannya.

Keunggulan bangsa Arab adalah mereka tetap berpegang teguh pada sifat – sifat baik seperti:
Kepahlawanan,
Keberanian,
Kedermawanan,
Menepati janji,
Kejujuran,
Sederhana.

Alasan lain adalah karena bangsa Yahudi sudah keterlaluan karena sampai hati membunuhi para nabi, sehingga membuat murka Allah dan akhirnya Dia mencabut hak istimewa Yahudi, dan hak itu (kerajaan) itu di kasihkan ke bangsa keturunan Ismael yaitu Muhammad S.A.W.

Rumah ibadah pertama di muka bumi berada di Jazirah Arabia, yaitu Baitullah di tengah gurun pasir jazirah arabia.

Ketika Adam as diturunkan ke muka bumi, beliau diturunkan di negeri yang sekarang dikenal dengan India. Sedangkan isterinya diturunkan di dekat ka’bah. Lalu atas izin Allah keduanya dipertemukan di Jabal Rahmah, beberapa kilometer dari tempat dibangunnya ka’bah.

Jazirah Arabia terletak di antara tiga benua besar yang sepanjang sejarah menjadi pusat peradaban manusia sehingga menjadi titik pusat peradaban manusia.

Bangsa Arab mengenal dua jenis mata uang sekaligus, yaitu dinar dan dirham. Dinar adalah jenis mata uang emas yang berlaku di Barat yaitu Romawi dan Yunani. Dan Dirham adalah mata uang perak yang dikenal di negeri timur seperti Persia. Ini menunjukkan bahwa jazirah arab punya akses yang mudah baik ke barat maupun ke timur. Bahkan ke utara maupun ke selatan, yaitu Syam di utara dan Yaman di Selatan.


Sumber :
https://klenan.wordpress.com/2014/04/12/kenapa-nabi-terakhir-diutus-dari-kalangan-bangsa-arab/
https://www.islampos.com/mengapa-nabi-terakhir-diutus-di-arab-183462/
http://www.eramuslim.com/umum/mengapa-islam-turun-di-arab.htm
http://kisahmuslim.com/mengapa-nabi-muhammad-diutus-di-arab/
http://mozaik.inilah.com/read/detail/2219949/mengapa-nabi-terakhir-datang-dari-bangsa-arab