Friday, August 14, 2015

Maya dan Semu

Yang tampak di dunia maya begitu wah dan wow, berbeda dengan dunia asli yang berantakan

Masih ingat dengan pelajaran Fisika saat duduk di bangku sekolah mengenai bayangan maya atau bayangan semu?

Definisi dari bayangan maya atau bayangan semu adalah sebagai berikut :

Bayangan maya atau bayangan semu adalah bayangan yang ada di cermin karena tidak bisa dipegang dan bayangan tersebut ada dibelakang cermin karena sinar pantul cermin. dan bila bayangan itu di pantulkan di cermin datar maka bentuk dan ukurannya sama. Bayangan maya atau semu adalah bayangan tidak nyata. Karena tidak dapat di ditembus dan tidak dapat dipegang. Bayangan ini bersifat tegak dan ada yang diperkecil.Setiap bayangan maya atau semu terdapat pada sebuah ruang yang tidak nyata atau maya.

Saat ini kita lebih suka berinteraksi sosial dengan menggunakan media sosial di dunia maya ketimbang acara sosial secara langsung. Sehingga ada peribahasa media sosial di dunia maya sekarang mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat.

Apa definisi dari dunia maya?

Dunia maya (bahasa Inggris: cyberspace) adalah media elektronik dalam jaringan komputer yang banyak dipakai untuk keperluan komunikasi satu arah maupun timbal-balik secara online (terhubung langsung). Dunia maya ini merupakan integrasi dari berbagai peralatan teknologi komunikasi dan jaringan komputer (sensor, tranduser, koneksi, transmisi, prosesor, signal, kontroler) yang dapat menghubungkan peralatan komunikasi (komputer, telepon genggam, instrumentasi elektronik, dan lain-lain) yang tersebar di seluruh penjuru dunia secara interaktif.

Lalu apa arti dari semu?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) semu mempunyai arti sebagai berikut
semu 1/se·mu / a tampak spt asli (sebenarnya), padahal sama sekali bukan yg asli (sebenarnya): keramahannya kpd saya adalah -- krn di balik itu dia memfitnah saya; 2 n tipu; muslihat: pujuk Melayu -- Jawa;-- daya daya upaya untuk mengelabui; tipuan; muslihat yg halus; tipu daya: segala -- daya dijalankan untuk memikat hatinya;
Sehingga jangan heran jika dunia maya itu akan tampak begitu wah dan wow dibandingan dunia aslinya yang berantakan. Semoga kita tidak seperti demikian.


Sumber :
http://brainly.co.id/tugas/118322
https://id.wikipedia.org/wiki/Dunia_maya
http://kbbi.web.id/semu
http://thedancingrest.com/2013/09/18/random-illustrations-by-rafael-alvarez/