Friday, August 28, 2015

Krisis


Tindakan suatu kaum manusia terhadap sesuatu hal tergantung dari definisi yang terkandung dari kaum tersebut. Itu yang dikatakan oleh pakar yang berucap di televisi. Untuk lebih dalam memahami mari kita buka kamus dari 3 negara, yaitu Inggris, China dan Indonesia

Misalnya negara yang menggunakan bahasa Inggris yaitu United Kingdom dan United States America mendefinisikan crisis atau krisis adalah titik balik yang sangat penting untuk melakukan perubahan penyelamatan atau mati.
cri·sis : a time of intense difficulty, trouble, or danger.
a time when a difficult or important decision must be made.
the turning point of a disease when an important change takes place, indicating either recovery or death.
Kemudian negara China atau Tiongkok, mempunyai filosofi terhadap kata "krisis" ini dimana dalam bahasa mandarin untuk krisis mempunyai definisi sebagai opportunity atau kesempatan yaitu yang pertama adanya bahaya dan yang kedua adanya kesempatan. Jadi disetiap krisis walaupun memiliki bahaya, tapi mengandung kesempatan yang menuju kepada harapan dan kesuksesan.
Krisis : 危机 (wēi jī) berasal dari kata 危险 (wēi xiǎn, danger) dan 机 会 (jī huì, chance).
Setiap 危机, wēi jī (krisis), selalu memiliki 2 dimensi : pertama 有危 (yǒu wēi, ada bahaya), kedua 有机 (yǒu jī, ada kesempatan) . 
Lalu bagaimana kamus yang berlaku di Indonesia. Berikut aku kutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia secara online.
krisis/kri·sis/ a 1 keadaan yg berbahaya (dl menderita sakit); parah sekali; 2 keadaan yg genting; kemelut; 3 keadaan suram (tt ekonomi, moral, dsb); 4 Sas saat yg menentukan di dl cerita atau drama ketika situasi menjadi berbahaya dan keputusan harus diambil; 5 Pol konfrontasi yg intensif dan dahsyat yg terjadi dl waktu singkat dan merupakan ganti peperangan dl era nuklir;
Jadi mana yang harus kita pilih? Menjadikan ini sebagai titik balik dan optimis bahwa ini merupakan kesempatan untuk meraih kesuksesan atau merasa krisis ini sebagai sesuatu yang genting dan suram tanpa melakukan usaha dan doa?


Sumber :
http://www.oxforddictionaries.com/definition/english/crisis
http://www.sarapanpagi.org/filosofi-krisis-vt2459.html
http://kbbi.web.id/krisis