Wednesday, August 12, 2015

Agustusan


Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, sedangkan Korea Selatan merdeka pada tanggal 15 Agustus 1945. Jadi Indonesia dan Korea Selatan merdeka, hanya beda dua hari.

Di negara Korea merayakan 15 Agustus-an cukup dengan mengibarkan bendera sebagai simbol rasa nasionalisme. Sedangkan di Indonesia 17 Agustusan tidak cukup dengan mengibarkan bendera, tapi juga dengan menancapkan umbul-umbul, spanduk, lomba-lomba dan peringatan kemerdekan yang meriah.

Di negara Korea mereka cukup dengan memasang bendera negara di rumah atau di instansi. Bagi mereka, "Siapapun presidennya, negaraku tetap Korea". Sedangkan di Indonesia, terutama di instansi pemerintah di tiap kantor dipasang juga foto presiden dan wakil presiden, selain bendera dan Garuda sebagai lambang negara.

Pesan dari Presiden Korea saat itu,  

“Let’s work harder and harder. Let’s work much harder not to make our sons and daughters sold to foreign countries.” 
(Mari kita bekerja lebih keras dan lebih keras. Mari kita bekerja lebih keras untuk tidak membuat anak2 kita dijual ke luar negeri)

Jadi sekarang saatnya kita sebagai warga negara bersatu untuk kerja dan ayo kerja untuk membangun bangsa negara ini. Jangan hanya berkutat berdebat dan saling menghina.

Jaga persatuan dan dirgahayu Republik Indonesia.
#RI70


Sumber :
http://www.bennyrhamdani.com/2015/08/anak-anak-nasionalisme-dan-perayaan.html
http://www.kompasiana.com/oomjabrik/korea-selatan-dan-indonesia_55cc6bbb73977381078d80f9