Sunday, August 9, 2015

Cortana


Saat menggunakan laptop baru yang diinstal dengan Window seri baru, terdapat aplikasi baru yaitu Cortana. Saat membaca "biografi" dari Cortana sepertinya jika dikembangkan lebih lanjut Cortana ini bakalan mirip dengan Jarvis.

Jarvis atau J.A.R.V.I.S. adalah singkatan dari (Stands for Just A Rather Very Intelligent System), yaitu komputer AI (Artificial Intellegence) yang sangat maju yang dikembangkan oleh Tony Stark dalam kisah Iron Man yang bertugas mengelola hampir semua, dalam kehidupan Tony Stark terutama hal-hal yang berkaitan dengan teknologi. Nama Jarvis juga diambil dari Edwin Jarvis yang bertindak sebagai teman terbaik Tony Stark.

Lalu apa itu Cortana?

Cortana

Cortana adalah asisten pribadi Anda di Windows Phone. Dia ada untuk membantu mempermudah Anda melakukan sesuatu dan memberikan informasi terbaru tentang hal yang penting bagi Anda.

Cortana akan mengingatkan Anda, memberikan masukan, dan membantu pengguna dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan memanfaatkan Notebook dan data di dalam handset – seperti lokasi, data kontak, email, pesan singkat, sejarah browsing – serta akses internet, Cortana dapat merespon pengguna dengan cerdas.

Cortana merupakan aplikasi yang dibuat untuk menyaingi Apple Siri dan Google Now yang sudah lebih dulu hadir.

Nama Cortana sendiri diambil Microsoft dari salah satu karakter game Halo. Dalam game tersebut tokoh ini merupakan sosok wanita yang tergambar dari intelegensi buatan. Cortana tak sekadar bisa menerima perintah, tapi juga belajar, beradaptasi, dan membalas semua ucapan dengan perkataan yang natural serta terdengar pintar. Cortana dalam game itu adalah asisten artifisial yang memiliki kedekatan dengan tokoh utama, Master Chief. Hubungan yang erat itu akan diimplikasikan dalam kehidupan nyata antara Cortana dan penggunanya kelak.

Inilah harapan Microsoft terhadap Cortana yang sebenarnya pada Windows Phone.


Windows Phone 8.1

Cortana akan menjadi update terbesar dalam sejarah Windows Phone. Dan berkat kerja keras Unleash the Phones kita dapat melihat bagaimana Cortana beroperasi di platform tersebut.

Saat diaktifkan, Cortana akan meminta izin Anda untuk mengakses informasi. Kemudian Anda akan diminta untuk masuk ke dalam akun Microsoft. Dengan begini Cortana bisa bekerja lebih maksimal.

Setelah memasukkan nama panggilan Anda, Cortana akan mengeja nama tersebut dan bertanya apakah ia telah menyebutkannya dengan benar. Setelah itu Cortana akan menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang lebih pribadi untuk mengenal Anda lebih jauh.

Pertama akan bertanya tentang dua hal favorit yang Anda lakukan tiap malam.
Kedua Cortana adalah, “Saat Anda memikirkan tentang makanan, apa yang menurut Anda paling penting?
Ketiga, Cortana akan bertanya lagi tentang apa yang memotivasi Anda untuk beraktivitas atau mengunjungi suatu event.
Keempat Cortana akan bertanya dua hal apa yang menjadi minat utama Anda saat membaca berita: bisnis, tajuk berita, olahraga, travel, fashion dan lain-

Digital personal assistant cerdas milik Microsoft ini memanfaatkan pendekatan tanya jawab, cukup berbeda dengan tampilan ‘kartu-kartu’ informasi dalam Google Now. Ada dua metode untuk mengaktifkan Cortana, cara pertama adalah dengan mengaksesnya di Start Screen atau dengan menekan tombol Search.


Seberapa Pintar Microsoft Cortana?

Berbeda dengan Siri yang dibuat untuk semua orang, Cortana lebih personal dengan mempelajari siapa penggunanya.

Diklaim lebih personal karena Cortana memang dijanjikan bisa mempelajari kebiasaan para penggunanya. Jadi nanti ada beberapa hal yang memang ditampilkan hanya berdasarkan hobi atau rutinitas dari para pemakainya.

Agar bisa lebih terasa personal Cortana pun akan mencatat semua kegiatan penggunanya, mulai dari hobi, jejak pencarian, jadwal pengingat, tempat yang pernah dikunjungi, dan beberapa hal lainnya.

Selain itu Cortana juga diklaim Microsoft bisa berkomunikasi dua arah dengan cara yang lebih natural, tak seperti Apple Siri atau Google Now.

Cortana memiliki misi khusus. Bagi Microsoft, Cortana adalah masa depan sistem pencarian yang direncanakan menaikkan trafik peramban Bing. Adapun fungsi umum Cortana dirancang untuk mempermudah pengguna ponsel pintar dalam berbagai keperluan, seperti berkirim pesan, membuat pengingat, bertanya ke Internet, dan lainnya.

Jen Taylor, yang juga mengisi suara Cortana dalam game, dipercaya untuk melanjutkan tugasnya. Suara Taylor akan terdengar saat pengguna melakukan tanya-jawab dengan Cortana.

Berbeda dengan aplikasi lainnya, Cortana dibuat Microsoft lebih cerdas dan santun. Dengan melihat data kontak, alarm, kalender, Facebook, dan aplikasi lainnya, Cortana akan memberikan informasi, terlepas apakah pengguna membutuhkannya atau tidak.


Sumber :
http://ironman.wikia.com/wiki/J.A.R.V.I.S.
http://www.windowsphone.com/id-id/how-to/wp8/cortana/meet-cortana
http://tekno.tempo.co/read/news/2014/04/04/072567867/mengenal-asisten-digital-microsoft-cortana
http://www.trenologi.com/2014030633517/saksikan-bagaimana-cortana-beraksi-dalam-windows-phone-8-1/
http://inet.detik.com/read/2014/04/07/184122/2548268/317/seberapa-pintar-microsoft-cortana