Wednesday, August 5, 2015

Hoverboard


Siang ini aku menyaksikan produk baru yang dibuat oleh Jill dan Greg Henderson sebagai pendiri Kickstarter Hendo yang berhasil mengembangkan Hoverboard.

Apa itu Hoverboard?

Masih ingat benda skate board yang digunakan oleh Marty McFly dalam film Back to Future? Film Back to Future atau lebih tepatnya Back to Future II merupakan cerita film lawas dimana seseorang mampu pergi ke masa depan, masa depan yang menjadi latar film tersebut adalah tahun 2015, yaitu sekarang.


Ya, benda yang dimaksud adalah seperti itu. Hoverboard adalah jenis skateboard yang melayang seperti karpet ajaib yang bisa terbang. Skateboard ini dapat mengapung satu inci di atas tanah. Daya tahan baterai baru hanya yang 15 menit.

Rencana akan dibutuhkan dana $450.000 lebih untuk mengembangkan technology magnetic “hovering” untuk menstabilkan bangunan selama gempa bumi, melindungi karya bernilai seni dan banyak lagi.

Hendo Hoverboard memiliki prinsip kerja yang sama dengan kereta Maglev yaitu menggunakan prinsip Magnetic Levitation. Hendo Hoverboard bekerja menggunakan prinsip elektromagnetik dan mampu melayang sekitar satu inici diatas permukaan.

Pengguna hoverboard cukup memanfaatkan berat badan mereka untuk melakukan pergerakan ke arah tertentu. Sampai saat ini, prototipe tersebut hanya mampu melayang diatas permukaan logam. Dengan begitu, skatepark untuk hoverboard didesain dengan permukaan yang terbuat dari aluminium guna menyokong prinsip kerjanya.

Diharapkan, prototipe hoverboard dapat diproduksi secara komersial pada 2015. Rencana banderol yang akan diterapkan berkisar antara $10,000.

Komponen utama HENDO Hoverboard adalah empat mesin berbentuk cakram yang terpasang di bagian bawah papan. Di dalamnya, terdapat lilitan kabel yang diberi aliran listrik sehingga menciptakan medan magnet.

Ketika lilitan tersebut dihadapkan dengan konduktor, terjadi perubahan pada medan magnet yang mengakibatkan repulsi, seperti yang terjadi bila dua magnet dengan kutub yang sama dihadapkan satu sama lain. Dalam kasus HENDO Hoverboard, yang menjadi konduktor non-ferromagnetik adalah lapisan metal di permukaan tanah.

Itu berarti Hoverboard hanya bisa berfungsi di atas permukaan khusus. Di jalanan aspal, dia hanyalah papan biasa. Para engineer di HENDO sedang merancang arena dengan lantai yang sesuai dengan kapabilitas Hoverboard. Mereka juga bekerja keras mengembangkan sistem yang lebih efisien.

Teknologi inti yang dikembangkan HENDO, diberi nama Magnetic Field Architecture (MFA™), memfokuskan medan magnet sehingga tercipta keseimbangan statik yang stabil antara elektromagnet dan konduktor.

Papan dapat digerakkan ke segala arah, berbelok, naik-turun tanjakan, dengan memodifikasi medan tersebut. Diban-ding sistem levitasi magnetik lainnya, Greg dan Jill mengklaim sistem lebih murah dan sustainable.


http://gorumah.com/simple-house/hoverboard-apa-ituCikal Bakal Teknologi Kendaraan Masa Depan
http://customations.blogspot.com/2014/11/hendo-hoverboard-skateboard-melayang-pertama-di-dunia.html
http://www.sainsindonesia.co.id/index.php/rubrik/sains-masa-depan/1194-cikal-bakal-teknologi-kendaraan-masa-depan