Tuesday, August 25, 2015

Menjadi Dot Com

Rename Blog dari Blogspot ke Dot Com


Jika jaman dahulu orang mempunyai hobi menulis maka media yang digunakan adalah buku harian, mading sekolah dan yang paling top adalah menulis artikel lalu dikirim media cetak dan dimuat di koran atau majalah.

Saat ini hobi menulis bisa dituangkan dan diekspresikan melalui blog atau web log. Blog adalah bentuk aplikasi web yang berisi tulisan lalu dimuat atau diposting pada sebuah halaman web. Blog ini dapat diakses oleh semua pengguna Internet.

Tulisanku semula aku tuangkan di Wordpress tepatnya di laman taufanyanuar.wordpress.com. Mulai tanggal 10 Mei 2008 aku menulis mengenai intisari dari film yang aku tonton malam itu, yaitu film Medley. Inti dari film tersebut adalah KEHIDUPAN itu adalah PILIHAN, dan setiap pilihan selalu ada KONSEKUENSI. Aku tulis dengan link taufanyanuar.wordpress.com/2008/05/11/konsekuensi.

Dan tulisanku di Wordpress terakhir pada tanggal 3 Agustus 2012 dengan judul Target dan Komitmen yaitu di lama taufanyanuar.wordpress.com/2012/08/03/target-dan-komitmen/.

Lalu berikutnya aku berganti blog yaitu di Blogspot. Laman yang jadikan sebagai wadah adalah di taufanyanuar.blogspot.com. Aku gunakan hingga tanggal 25 Agustus 2015, dan resmi mulai tanggal 26 Agustus 2015 aku gunakan laman taufanyanuar.com sebagai mading aku menulis di dunia maya.

Pada dasarnya perubahan dari taufanyanuar.blogspot.com ke taufanyanuar.com hanya rename saja. Sebelumnya menggunakan blogspot.com sekarang hanya .com (dot_com) saja. Karena wadah tetap dan sama.

Lalu bagaimana cara rename blog dari blogspot ke dot_com? Berikut adalah langkah-langkahnya

1. Persiapan
Pada umumnya jika ingin membuat website ada 2 hal yang harus kita persiapkan yaitu domain dan hosting. Untuk kali ini hosting sudah tersedia dan sudah kita pakai, yaitu menggunakan blogspot atau blogger. Sedangkan untuk domain kita harus mempunyai nama domain terlebih dulu.

2. Pembelian Nama Domain
Kita bisa memilih situs yang menjual dan menyediakan nama domain, salah satuny yang aku gunakan adalah Web hosting idwebhost. Langkah selanjutnya kita perlu mengecek ketersediaaan Nama Domain, apakah nama domain yang kita pilih belum digunakan oleh orang lain.

Jika nama domain tersebut available, maka kita lihat informasi penagihan di email atau sms yang terkirim sebagai referensi untuk kita membayar sewa domain per tahun.

3. Konfirmasi Pembayaran
Kita dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan sistem transfer di ATM. Setelah kita membayar yang tidak kalah penting kita harus melakukan konfirmasi melalui sms atau email.

4. Setting
Setelah nama domain kita aktif, maka yang perlu kita lakukan adalah melakukan setting di hosting yaitu di Blogspot dengan meng-klik
Setting >> Setup 3rd URL for your blog.
Lalu kita juga perlu melakukan setting pula di domain yaitu di cpanel domain di Idwebhost. Pengaturan di cpanel domain bisa dilihat di sumber website dibawah ini dimana langkah-langkah yang diberikan sangat detail sehingga mudah untuk diikuti oleh orang awal sekalipun.

Sangat mudah dan cepat, aku mulai dari langkah awal pukul 20.00 hingga pukul 22.00, lalu aku lanjutkan pagi hari pukul 05.30 dan pukul 06.00 sudah bisa launch blog pribadiku dengan alamat http://www.taufanyanuar.com/

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Blog
https://blog.idwebhost.com/redaksi/blogspot/
http://www.aditya-web.com/2015/01/tutorial-lengkap-cara-mengganti-domain.blogspot.com-menjadi.com.html