Friday, August 21, 2015

Dimensi


Konsep multiple timeline dalam dunia dimensi kelima mengacu pada gagasan bahwa tidak hanya ada satu jalur waktu tunggal atau sekuensial di alam semesta, tetapi ada banyak jalur waktu yang berjalan secara paralel atau bersamaan. Ini adalah salah satu aspek dari fisika teoretis dan spekulatif yang berkaitan dengan multidimensionalitas dan kompleksitas alam semesta.


1 Dimensi
1D merupakan ruang antar dua titik yang berupa garis lurus.

2 Dimensi
2D merupakan ruang yang terbentuk dari dua titik lebih menjadi sebuah bidang contohnya adalah segitiga dan segi empat.

3 Dimensi
3D merupakan ruang bangun yang tidak hanya ada sebuah bidang datar saja (2 dimensi) tapi 3 dimensi contohnya adalah kotak dan bola.

4 Dimensi
4D tidak hanya berupa ruang tapi juga waktu yang disebut dengan ruang dan waktu atau spacetime. Ruang dan waktu bagi manusia dan makhluk hidup lainnya merupakan satu kesatuan. Kejadian tiap proses yang kita jalani setiap saat merupakan 4D spacetime atau ruang dan waktu.

5 Dimensi
5D merupakan ruang waktu dimana kejadian tiap kejadian dipotong-potong lalu diletakan ruang tersendiri. Ruang dari 5D menggambarkan waktu sebagai kotak ruang dengan range waktu tertentu. Sehingga memungkinkan kita berpindah dari waktu ke waktu, loncat ke masa depan atau kembali ke masa lalu.

Seperti ilustrasi pada film Interstellar dan Terminator.

Hal ini dapat menjelaskan bahwa Tuhan itu ada. Dimana Tuhan dapat menjelaskan kejadian di masa lalu dan apa yang akan terjadi di masa depan. Dan merupakan sifat Tuhan bahwa Dia tidak berawal dan berakhir jika ditinjau dari ruang 5D.

-------
Dalam film Interstellar, konsep sains mengenai manusia yang mampu menembus batas dimensi, dimana hal ini tentunya yang melibatkan ruang dan waktu. Gravitasi, ruang, dan waktu dapat membentuk anomali khusus di Bumi meski masih dalam ukuran partikel yang sangat kecil.

Dalam film tersebut, tokoh utama masuk ke lubang hitam dan terjebak di dimensi kelima. Jika dimensi keempat adalah kuantum waktu, maka dimensi kelima adalah gabungan kompleks antara gravitasi, ruang, dan waktu.

Dalam dimensi kelima akan terdapat multiple timeline, yakni peristiwa rentetan waktu yang bisa bergerak maju atau mundur dalam ruang tanpa batas. Dalam bahasa umum, dimensi kelima biasa disebut dengan kata alam gaib. Dimensi kelima dimungkinkan ada dalam sains. 

https://www.idntimes.com/science/discovery/dahli-anggara/konsep-sains-film-interstellar-c1c2.


Sedangkan dalam Film Avengers: Endgame, para superhero melakukan perjalanan waktu ke masa lalu, namun tindakan para Avengers tersebut tidak mengubah masa lalu namun menghasilkan sebuah realitas baru. Teori ini dinamakan Many World Theory, atau Multiverse Theory.

Many World Theory adalah setiap hasil dari sebuah pilihan terjadi di alam semesta paralel. Ibaratnya hasil pengukuran lain mungkin muncul di alam semesta paralel lainnya.

Avengers bukan memutar kembali waktu, tapi mereka berpindah dimensi di quantum real. Mereka tidak bisa kembali waktu di dimensi saat ini. Hal ini sesuai dengan gagasan realitas alternatif, di mana setiap perubahan pada masa lalu akan menyebabkan alam semesta yang sama sekali baru diciptakan.

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190514212815-199-394901/peneliti-jelaskan-perjalanan-waktu-di-avengers-endgame.

No comments:

Post a Comment

Related Posts