Thursday, August 27, 2015

Anak Benua


Sangat menarik mempelajari India. Terlebih saat Google membuat Alphabet sebagai induk perusahaan, sehingga "memaksa" Larry Page dan Sergey Brin naik pangkat, dan mengangkat Sundar Pichai yang dari India menjadi CEO Google. Tidak hanya Sundar Pichai dari India yang mampu menjadi CEO. Berikut ini ada 9 nama dari India yang menjadi CEO, yaitu sebagai berikut :
  1. Indra Krishnamurthy Nooyi © PepsiCo
  2. Sanjay Jha © GlobalFundraiser
  3. Ajay Banga © MasterCard
  4. Anshuman Jain © Wikipedia
  5. Francisco D'Souza © Cognizant
  6. Shantanu Narayen © Adobe
  7. Satya Nadella © Microsoft
  8. Sundar Pichai © Google

India juga mempunyai sebutan yang tidak kalah unik, yaitu sebagai anak benuda. Sebenarnya bukan cuma India tapi seluruh negara di kawasan wilayah Asia Selatan yaitu Bangladesh, Bhutan, India, Maladewa, Nepal, Pakistan dan Sri Lanka.

Lalu mengapa disebut anak benua?

Secara geologis, sebagian besar daerah ini dianggap sebagai anak benua karena mempunyai lempeng tektonik sendiri yaitu Lempeng India, yang terpisah dari Lempeng Eurasia. Lempeng India dulunya merupakan benua kecil sebelum bertumbukan dengan Lempeng Eurasia. Bahkan sampai sekarang Lempeng India masih terus bergerak ke arah utara sehingga mengakibatkan pegunungan Himalaya semakin bertambah tinggi beberapa milimeter setiap tahunnya.

Berikut adalah sejarah panjang sang anak benua dimulai dari tahun 50.000 sebelum masehi.


50.000 SM
India adalah salah satu tempat pertama yang dihuni oleh manusia setelah migrasi dari Afrika. Manusia tiba di India melalui pesisir sepanjang Jazirah Arab dan Teluk Persia.

2500 S.M.
Sudah tampak kebudayaan India di daratan Indus tepatnya di Mohenjodaro, Harappa, Gujarat dan Rajasthan. Bangsa Harappa membangun kota-kota Zaman Perunggu di Sungai Indus (Pakistan modern).

1500 S.M.
Bangsa Arya atau Indo-Arya datang ke India melalui Laut Kaspia, dan menetap di daerah Punjab (India Barat Laut) yang kemudian ke daerah sungai Gangga.

800 SM
Bangsa Weda atau Arya, membawa serta kuda, kereta perang, dan bahasa mereka. Agama mereka ikut bercampur dengan agama lokal untuk kemudian menghasilkan agama Hindu. Sistem kasta juga mulai muncul pada masa ini.

539 SM
Persia, di bawah Koresh Agung, menyerang India utara (Pakistan modern) dan menjadikannya bagian dari Kekaisaran Persia. Pernyebuan bangsa Parsi ke India dengan membawa arsitektur dan cara penghidupan mereka. Pada Zaman Parsi atau zaman empirium (Period of Empires) berdiri empirium-empirium seperti Magadha dengan raja-raja Bimbisaura dan Ajatasatru. Lahir pula Budha Gautama dan Mahavira.

326 S.M.
Pasukan Iskandar yang agung menyerbu India dan berhasil menduduki daerah India Barat Laut. Oleh karena itu mitologi dan kebudayaan di bagian Barat Laut India banyak dipengaruhi oleh kebudayaan Yunani.

Raja Chandra Gupta dapat mengalahkan pasukan Iskandar yang agung, lalu Cucu Chandra Gupta, yaitu Ashoka menjadi raja yang sangat terkenal dalam sejarah India.

321 SM
Muncul negara kuat di India, yang pertama adalah Kekaisaran Maurya yang berdiri pada 321 SM dan runtuh pada 184 SM. Masa ini diikuti oleh periode kerajaan-kerajaan kecil hingga pada 320 M berdirilah Kekaisaran Gupta yang berlangsung hingga 550 M. Kerajaan-kerajaan besar lainnya juga muncul di India selatan.

400 M,
Gelombang serangan dari Asia Tengah dan Asia Barat mulai menyerbu India. Awalnya, suku Hun menyerang, kemudian, setelah runtuhnya Gupta, kaum Muslim berhasil merebut India utara dan mendirikan Kesultanan Delhi. 

Abad ke-8
Pedagang Islam dari Asia Barat datang ke India.

1200 M
Mongol melakukan serangan berulang ke India. Semua konflik ini berlangsung terutama di India utara. Sementara di India selatan, kerajaan-kerajaan India lokal relatif tidak terlalu terganggu.

Abad ke-13
Berdiri Kesultanan Delhi sekaligus dimulainya Zaman Mughal.

Abad ke-14
Pujangga besar seperti Amir Khusrau dan raja-raja besar yang telah memerintah India dengan arif dan bijaksana seperti Akbar (disebut juga sebagai The Greatest Mughal Emperor) dan Shahjahan, dua orang raja Mughal yang sangat terkenal.

1526 M
Di India utara, kekuasaan Mongol sempat menghilang sebelum akhirnya pada 1526 M berdiri negara Mongol bernama Kekaisaran Mughal.

1700 M
Mughal melemah dan terpecah menjadi kerajaan-kerajaan kecil. Ini memicu Britania untuk bergerak dan menaklukan India.

Tahun 1857
Bahadur Shah Zafar dianggap sebagai penguasa dinasti Mughal yang terakhir. Ia pernah melancarkan pemberontakan terhadap Inggris, tetapi pemberontakan tersebut dapat ditindas Inggris.

Tahun 1498
Vasco de Gama pada bulan Mei 1498 mendarat di Kalikut, tetapi ia tidak berhasil untuk menetap di sana.

Tahun 1501
Kemudian usaha tersebut diulanginya pada tahun 1501 dan berhasil mendirikan tempat kedudukan bagi Portugis di Kannanore, Kochin dan Kalikut. Bangsa-bangsa barat lainnya seperti Spanyol, Belanda dan Inggris berturut-turut datang ke India dengan maksud yang sudah cukup terkenal dalam sejarah bangsa-bangsa Barat di Asia.

Tahun 1600
Kekuasaan Inggris di India dimulai dengan berdirinya English East India Company pada tahun 1600 yang semula lebih bersifat dagang

Tahun 1707
Kemunduran Islam di Indiasetelah wafatnya Raja Aurangzeb. India terpecah belah dalam kerajaan-kerajaan kecil yang saling bermusuhan dan berperang, yang memudahkan bangsa-bangsa Barat masuk ke India.

Tahun 1756
Terjadi pertempuran Buxar pada tahun 1756 dimana Inggris melawan raja-raja India. Kemenangan Inggris dalam pertempuran itu membuat Inggris berhasil menguasai daerah-daerah Benggala, Bihar dan Orissa yang kemudian dalam kurun waktu yang kurang dari setengah abad disusul pula dengan penguasaan terhadap daerah-daerah lain di India.          

Tahun 1824
Pemerintah Inggris mengambil alih kekuasaan terhadap English East India Company dari India dan dengan demikian secara mutlak mendudukkan kekuasaannya terhadap negara ini.

Tahun 1857
Gerakan kemerdekaan dan perasaan kebangsaan India mulai timbul pada pertengahan abad ke-19 dengan meletusnya suatu pemberontakan yang dipimpin oleh raja-raja India pada tahun 1857, tetapi berhasil ditindas oleh Inggris.

Tahun 1885
Gerakan kemerdekaan tersebut mencapai suatu bentuk yang lebih nyata dengan berdirinya Indian National Congres pada tahun 1885 yang pada tahun 1905 menuntut diadakannnya “Swaraj” (self-rule): dari-oleh-untuk bangsa India.              

Tahun 1906
Didirikan pula Indian Muslim League untuk menyatukan dan menjamin kepentingan-kepentingan orang Islam di India. Dari sinilah sebetulnya awal permulaan lahirnya negara Pakistan.  

Tahun 1935
Pemimpin-pemimpin terkenal dalam gerakan ini antara lain ialah Mahatma Gandhi, Jawaharlal Nehru dan Mohd. Ali Jinnah. Pada tahun 1935, Inggris mengumumkan “The Government of India Act” yang merupakan Undang-Undang Dasar untuk pemilihan dewan-dewan perwakilan di negara-negara bagian. Banyak kedudukan dalam dewan-dewan tersebut dimenangkan oleh National Congress dan Muslim League.

Tahun 1940
Dan pada tahun 1940, untuk pertama kalinya, Muslim League menuntut satu negara khusus untuk orang-orang Islam.          

Tahun 1947
Menjelang berakhirnya Perang Dunia II, tuntutan kaum Muslim itu akhirnya dipenuhi oleh Inggris dengan pembentukan negara Pakistan. Pada tanggal 15 Agustus 1947, Inggris memberikan kemerdekaan kepada India dan Pakistan.


Sumber
http://brainly.co.id/tugas/467290
http://kangguruh.blogspot.com/2013/02/sejarah-berdirinya-india.html
https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20101110155352AAZoLMl
http://realcoffeelatte.blogspot.com/2015/08/ceo-dari-india.html