Saturday, August 15, 2015

His Story


Historia

History atau sejarah secara harfiah diambil dari bahasa Yunani yaitu ἱστορία atau historia, yang mempunyai definisi sebagai studi tentang masa lalu, khususnya bagaimana kaitannya dengan manusia.

Sejarah juga dapat diartikan sebagai kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau atau asal usul (keturunan) silsilah, terutama bagi raja-raja yang memerintah.


History atau His Story?

Sejatinya sejarah diperoleh dengan didasari melalui penyelidikan dan penelitian sehingga pengetahuan yang didapat merupakan cerita yang otentik dan asli. Namun kenyataannya suatu sejarah terkadang terdapay unsur subjektif. Fakta sejarah terkadang diputarbalikkan oleh orang-orang yang berkuasa dan memiliki kepentingan sehingga history is his story, atau sejarah adalah cerita dia.


Sejarah ditulis oleh pemenang

Pada umumnya sejarah mencakup informasi yang didapatkan dari 'sang pemenang'. Sehingga akibatnya pemahaman sejarah yang yang kita dapat hanya setengah-setengah dan ditambah bumbu-bumbu. Sang pemenang menjadi mampu mengatur cerita sejarah.

Misalnya pemberontak akan dianggap pahlawan dalam sejarah jika berhasil mengalahkan suatu pemerintahan karena pemberontak adalah sang pemenang. Namun pemerintah juga dapat menjadi pahlawan jika sukses mengalahkan pemberontakan dalam konteks ini pemerintah menjadi sang pemenang.

Oleh karena itu jika kita ingin mengubah sejarah, jadilah seorang pemenang.



Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah
http://www.kompasiana.com/xacteer/sejarah-history-atau-his-story_5517976fa333117407b65f4e