Monday, January 30, 2023

Ganti Selang Bensin

Musim hujan ada yang perlu diperhatikan dengan extra dalam hal perawatan bodi motor. Karena saat musim hujan, tikus besar kemungkinan meninggalkan sarangnya. Hal ini dikarenakan tikus menghindari daerah yang dingin atau ada genangan air. Sehingga tikus mencoba cari sarang baru dan salah satunya di mesin kendaraan.

Salah satu bagian mesin mobil adalah tangki bensin yang memiliki komponen terpenting dalam mobil. Tangki bensin sebagai penampung bahan bakar tidak hanya berbentuk tabung saja, namun di dalamnya dilengkapi dengan bagian-bagian penting. 

Misalnya Tutup Tangki Bensin (Fuel Cap), Selang Bensin (Fuel Inlet Hose), Katup Selang Bensin (One-Way Valve), Pompa Bensin (Fuel Pump) hingga Selang Sirkulasi Udara (Air Breather Hose).

Bau bensin di garasi dan di dalam kabin selain membuat tidak nyaman, hal ini menjadi indikator bahwa telah terjadi kebocoran bensin di area saluran dan tangki bensin. Sehingga kita harus waspada dan jangan diabaikan.

Sebagian besar kasus kebocoran pada selang disebabkan berbagai hal, misalnya karena faktor usia, digigit tikus, dan pemasangan selang yang kurang benar. Untuk itu harus kita pastikan dengan menurunkan tangki bensin, dibongkar untuk mengetahui part apa yang rusak, perlu diganti tidak, atau hanya perlu diperbaiki.

Dan kebetulan untuk kasus ini masalahnya adalah selang bensin atau fuel hose. Pada umumnya selang bensin atau fuel hose jarang diganti, tapi seiring waktu selang bensin bisa rusak, retak, dan aus. Jika hal ini terjadi, bensin bisa bocor saat mengalir melalui selang bensin atau fuel hose.

Selang bensin berfungsi untuk mengirim bensin yang ada di tangki bensin ke fuel pump atau pompa bensin. Fuel pump lalu akan memompa bensin agar dikirim ke mesin untuk proses pembakaran bahan bakar. 


Sumber :

https://otofemale.grid.id/read/372971494/waspada-tikus-di-musim-hujan-area-ini-di-motor-matik-bisa-jadi-sarang?page=all

https://blog.ibid.astra.co.id/detail/13-bagian-bagian-penting-pada-tangki-bensin-mobil-D0N

https://www.republika.co.id/berita/breaking-news/ekonomi/10/06/17/120192-mayoritas-ledakan-gas-akibat-kebocoran-selang

https://www.matain.id/article/10009/2022/0626/bau-bensin-di-kabin-mobil-coba-periksa-ini.html

https://montir.id/layanan/ganti-selang-bensin-atau-fuel-hose

No comments:

Post a Comment

Related Posts