Friday, January 6, 2023

Panic Attack

Panic attack (serangan panik) adalah suatu kondisi yang membuat seseorang mengalami ketakutan dan kecemasan secara tiba-tiba yang bisa terjadi kapan saja, baik karena ada faktor pemicu maupun tanpa faktor pemicu. 

Hal ini dapat melemahkan dan melumpuhkan kondisi seseorang yang dapat membuat jantung berdebar cepat, terasa mual, tidak dapat bernapas seperti normal, dan mungkin terasa seperti sekarat atau menjadi gila.

Hal ini merupakan pemicu peningkatan stres pada seseorang seperti berbicara di depan umum, naik pesawat, mendengar suara keras, yang pada intinya seseorang merasa terancam.

Panic attack hampir mirip dengan anxiety attack. Perbedaannya pad panic attack lebih intense dengan waktu yang relatif lebih singkat. Hal ini sebenarnya tidak membahayakan namun akan membuat hati tidak nyaman.

Perbedaannya misalnya nyeri dada saat terkena serangan jantung cenderung akan mengalami peningkatan, sedangkan pada serangan panik hanya seperti ditusuk. Kemudian pada serangan jantung sakit dada perlahan kan meluas pada punggung leher dan pundak, sedangkan pada serangan panik hanya pada area kecil.

Jadi usahakan agar lebih santai, tenang dan berpikir bahwa ini bakalan berlalu.

Beberapa penelitian yang mengatakan penyebab panic attack di antaranya yaitu yang pertama faktor genetik yang dimiliki oleh keluarga dan generasi pendahulu, kemudian yang kedua adalah karena stres berat dimana kita mengalami tekanan mental atau emosional yang berlebihan.


Sumber :

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/alami-panic-attack-harus-bagaimana

https://satupersen.net/blog/penyebab-panic-attack-bagi-remaja

https://id.theasianparent.com/ciri-ciri-serangan-panik

https://cewekbanget.grid.id/read/062859841/infografis-apa-itu-panic-attack-dan-bagaimana-cara-mengatasinya

No comments:

Post a Comment

Related Posts