Sunday, October 12, 2014

Wanita dan Tulang Rusuk Pria


Rekor dunia mungkin telah tercipta dan terpecahkan. Hari ini aku mendapatkan 4 undangan pernikahan dalam waktu 1 hari, karena keempat-empatnya diselenggarakan pada tanggal yang sama, yaitu tanggal 12 Oktober 2014. Pertama pukul 09.00, pukul 10.30, pukul 12.00 dan terakhir pukul 19.00

Ada salah satu pidato atau siraman rohani dari salah satu undangan pernikahan yang menarik disimak dan di-share mungkin.

Yaitu mengenai asal usul manusia. Dimana Adam konon diciptakan dari tanah sedangkan Hawa diciptakan dari tulang rusuk sebelah kiri dari Adam. Lalu kenapa diambil dari tulang rusuk sebelah kiri? Karena dekat dengan hati, yang bermakna wanita agar senantiasa disayangi.

Dan selain itu itu tulang rusuk dekat dengan tangan, yang bermakna wanita harus selalu dilindungi.

Lalu bagaimana kajian bahwa Hawa atau wanita itu diciptakan dari tulang rusuk Adam atau pria?

Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.
Surah al-Nisa, ayat 1

Ayat diatas ditafsirkan bahwa wanita diciptakan dari unsur yang serupa yakni tanah yang dari padanya Adam a.s. diciptakan. Al-Qur`an menyatakan bahwa manusia diciptakan dari satu jiwa. Ini berarti Adam dan Hawa berasal dari jiwa yang sama. Dalam konteks ini, dapat ditafsirkan bahwa masing-masing merupakan dua bagian yang tidak mungkin dipisahkan. Al-Qur`an juga menjelaskan bahwa dari satu jiwa itu diciptalah pasangan bagi Adam, yaitu Hawa.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah bersabda, “Saling berwasiatlah kalian untuk berbuat baik kepada perempuan. Karena sesungguhnya perempuan itu diciptakan dari tulang rusuk. Dan yang paling bengkok dari tulang rusuk itu adalah bagian paling atasnya. Jika kamu berusaha meluruskannya, kamu akan membuatnya patah. Dan jika dibiarkan, ia akan terus bengkok. Karena itu, saling berwasiatlah kalian untuk berbuat baik kepada perempuan.” (HR Bukhari).

Yang dimaksudkan dalam pernyataan itu adalah Hawa diciptakan dari jenis yang sama dengan penciptaan Adam. Makna hadis di atas adalah kiasan bahwa perempuan itu seperti tulang rusuk yang bengkok. Dalam konteks ini, Nabi memerintahkan kaum laki-laki memperlakukan istri dengan lemah lembut dan tidak tergesa-gesa dalam memperbaikinya jika menemukan sesuatu yang tidak disukai.

Perempuan diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok, bukan berarti bersifat jelek dan itu bukan kekurangan bagi seorang perempuan. Ini hanya masalah fungsi saja, di mana laki-laki dan perempuan memiliki fungsi berbeda sesuai dengan kehendak penciptaan Allah.

--------------------

Heart jika diartikan ke bahasa Indonesia mempunyai arti jantung, bukan hati (liver).
Pergeseran makna terjadi di bahasa Indonesia mengenai kata hati.

Letak jantung berada di badan sebelah kiri yang dilindungi oleh tulang rusuk sebelah kiri.


Sumber :
http://www.cakrawawasan.com
http://www.republika.co.id
https://www.facebook.com/notes/ustadz-ishaq-ibrahim