Thursday, October 16, 2014

Virus Pencuri Password


Akhir-akhir ini kita semakin sering mendengar penipuan dalam dunia online. Bukan hanya dengan modus melalui jual-beli online. Namun dilakukan dengan phising.

Phising adalah teknik penipuan untuk mencuri password kita atau informasi pribadi kita. Pelaku phising sering membuat website palsu atau email palsu yang mirip dengan aslinya, sehingga korban memasukkan nomor rekening dan password di website atau email penipu.

Pencegahan: jangan mengklik link di email, selalu periksa URL sebelum login. Misalnya jika mau login ke yahoo mail, pastikan URL-nya mail.yahoo.com.

Contoh kasus phising yaitu beberapa waktu lalu direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Mabes Polri, menangkap pelaku pembajakan email yang merugikan sebuah perusahan senilai 312 ribu Dollar Singapura atau setara lebih dari Rp3,2 miliar.

Pelakunya adalah satu orang warga negara Nigeria, dan satu warga negara Afrika Selatan pada tanggal 17 dan 18 Januari 2014.

Dua orang tersangka diketahui bernama Alcock Jacqueline Nina alias Maria, yang merupakan janda beranak satu berkewarganegaraan Afrika Selatan. Maria telah dua tahun berada di Indonesia.

Sedangkan, tersangka lain diketahui bermana Omoruyi Jimaghahowa alias Jonh B alias Jelek, warga negara Nigeria yang telah 18 tahun menetap di Indonesia. Jonh memiliki istri warga Cirebon dan memiliki empat orang anak.

Kelompok ini membajak korespondensi bisnis perusahaan ekspor impor, PT Primadaya Indotama dengan United Impact Limited di Singapura. Saat itu, PT Primadaya Indotama mengirimkan invoice untuk pembayaran order satu kontainer furniture senilai 312 ribu Dollar Singapira melalui email florence.feby@yahoo.com. Kemudian, kelompok Jonh masuk dengan mengubah email menjadi feby.florence@yahoo.com dan meminta pembayaran ditransfer ke No rekening Maria.

United Impact Limited mengirimkan uang muka sebesar SGD127 ribu ke rekening Maria, sebagai uang muka pada 30 Desember 2013. Kemudian pelunasan, pada 9 Januari 2014, kembali dikirim SGD185 ribu.

Saat transfer untuk pelunasan ini, orang dari United Impact kontak juga ke Febi dari Primadaya Indotama, memberitahukan dia sudah lunasi pembayaran, ditransfer ke rekening ini. Baru ketahuan nomor rekeningnya salah. Febi lalu lapor ke bank untuk diblokir, dan lapor pada polisi.

Setelah melakukan pelacakan, polisi menangkap Maria pada 17 Januari 2014 di sebuah bank di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, setelah mencoba mengambil uang hasil kejahatannya. Sedangkan, Jonh ditangkap di Hotel Bumiwiyata, Margonda, Depok pada 18 Januari 2014.

Keduanya dijerat dengan Pasal 82 dan 85 UU No 3/2011 tentang transfer dana. Pasal 45 ayat 1, 2, 3, juncto pasal 30 ayat 1, 2, 3, UU No 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Serta pasal 3 dan 5 UU No 8/2010 tentang pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang.

Terdapat cara lain penipuan yang dilakukan di dunia online yaitu dengan menggunakan software yang berisi virus / trojan. Anda mendownload software dan merasa nyaman menggunakannya. Tiba-tiba rekening Anda ada yang membobol.

Pencegahan: Selalu gunakan antivirus terbaru yang sudah diupdate ketika membuka Internet.

Virus lain yang sering menjangkiti dunia online adalah "cacing" yang menyerang jejaring sosial Facebook. Setidaknya 45.000 password pengguna jejaring sosial Facebook di Inggris dan Prancis telah tercuri. Pelaku pencurian password adalah bagian dari malware atau virus yang dijuluki Ramnit, yang telah beraksi sejak April 2010. Awalnya ia menyerang data perbankan.

Facebook menganggap ini masalah serius. Mereka menemukan "cacing" jenis terbaru melalui sistem portal pengaman virtual bernama Seculert.

Cacing yang sedang gencar menyerang jejaring sosial ini sebelumnya dikenal suka menyerang pengguna surat elektronik alias email. Data Seculert menyatakan sebanyak 800 ribu mesin terserang virus Ramnit sejak September hingga Desember 2011.

Menurut penyedia antivirus Symantec, pada Juni 2011 sebanyak 17,3 persen virus yang menginfeksi perangkat lunak berasal dari varian Ramnit. Nah, untuk mengantisipasinya, pengguna Facebook disarankan agar selalu mengaktifkan antivirus.

Lalu antivirus mana yang terbaik yang perlu kita pilih agar terhindar dari virus sehingga tidak terkena penipuan online? Software antivirus yang tersedia-pun ada yang berbayar dan ada yang gratis. Berikut antivirus yang masuk ke dalam daftar antivirus berbayar terbaik.


1. Norton Antivirus 2013

Norton Antivirus edisi 2013 mengalahkan produk-produk antivirus lainnya dalam hal penghapusan malware. Ia menawarkan perlindungan berlapis dan dapat menghalang berbagai serangan baru, terkait atas kelemahan sistem dan menawarkan berbagai fitur-fitur tambahan. Terkait atas software antivirus yang berbayar, Norton Antivirus 2013 dapat dikatakan adalah pilihan yang sangat baik.


2. Bitdefender Antivirus Plus 2013

Merupakan salah satu antivirus terbaik dalam hal penghapusan malware sesudah Norton. Bidefender Antivirus Plus 2013 melakukan semua yang harusnya dapat dilakukan antivirus dan mencakup beberapa fitur tambahan. Bahkan ada yang mengatakan bahwa bitdefender adalah antivirus terbaik yang berhasil dibuat. Mungkin kekurangannya adalah instalasi yang lama, tetapi hal ini tentunya sepadan dengan fitur-fiturnya yang banyak seperti firewall tersendiri, Autopilot mode, Rescue Mode dan sebagainya. Juga adalah software antivirus berbayar.


3. McAfee Antivirus Plus 2013

McAfee Antivirus adalah software antivirus yang telah bertahan selama berahun-tahun, melindungi komputer dan penggunanya. Walaupun pada tahun 2010 sempat mengecewakan penggunanya, sejak diakusisi oleh Intel pada tahun 2011, McAfee menunjukkan kekuatannya kembali dalam bidang antivirus. Merupakan software antivirus yang berbayar. Perusahaan cukup serius mengenai kata "Plus" pada software ini. Sebagai tambahan atas fungsionalitas antivirus, ia juga menawarkan firewall, perlindungan real time, system cleanup dan sebagainya. Sangat baik dalam hal perlindungan phishing.


4. Kaspersky Anti-Virus 2013

Juga adalah software anti-virus berbayar yang memiliki keunggulan dalam hal perlindungan phishing dan penghapusan malware, serta instalasi yang mudah walaupun komputer sudah terinfeksi oleh virus. Bahkan jika ada file mencurigakan yang dapat berbahaya, Kaspersky akan secara otomatis me-upload file tersebut untuk dianalisis. Kekurangan dari antivirus ini adalah tidak ada firewall personal, antispam, antibanner dan tool parent control. Tetapi antivirus ini dapat me-scan traffic messenger yang datang dan secara otomatis menghalau malware.


5. Webroot SecureAnywhere Antivirus 2013

Webroot SecureAnywhere AntiVirus 2013 adalah antivirus berbayar yang memiliki ukuran software yang sangat ringan, oleh karena itu instalasi sangat mudah dan cepat. Walaupun begitu, scanning-nya tetap berjalan dengan cepat. Memiliki fitur yang baik dalam hal pencegahan dan penghalauan malware serta memiliki Firewall personalnya sendiri. kekurangan dari antivirus ini adalah ia tidak dapat melakukan pencegahan jika virus tersebut benar-benar tidak diketahui (zero-day threats) sampai Webroot benar-benar menganalisisnya sampai selesai.


6. Panda Antivirus Pro 2013

Merupakan antivirus berbayar yang memiliki keunggulan lain jika dibandingkan dengan antivirus lainnya, seperti firewall, collective intelligence dan online backup. Memiliki interface yang penuh warna, firewall, network management dan safe browser. Kekurangannya adalah terkait perlindunngan atas pencegahan malware, walaupun begitu memiliki perlindungan penuh atas malware berbasis USB.


7. Trend Micro Titanium Antivirus+ 2013

Trend Micro memutuskan bahwa produk merkea harus mempunyai semua yang dibutuhkan untuk keamanan. Selain antivirus, Trend Micro Titanum Antivirus+ 2013 juga mencakup spam filtering, phishing protection, firewall booster dan masih banyak lagi. Walaupun ia merupakan antivirus berbayar dengan paket yang lengkap, Trend Micro juga menawarkan paket lain dengan harga hanya untuk antivirus saja. Cukup baik dalam hal pembersihan sistem, pencegahan dan penghapusan malware


8. Comodo Antivirus 2013

Walaupun sebenarnya comodo antivirus edisi 2013 dalam package yang full sendiri belum ada, tetapi perluasan untuk antivirus sebelumnya telah dibuat, yakni Comodo Internet Security Pro 2013. Sedangkan untuk antivirusnya, adalah software gratis yang dapat di-download dari webnya secara langsung. Comodo mendapatkan award atas aplikasi Firewallnya dan ia memberikan perlindungan yangcukup kuat dan efisien terkait atas ancaman online seperti spam, virus, trojan dan malware. Salah satu software terbaik yang ditawarkan Comodo adalah Comodo Cleaning Essentials, yang dimana merupakan software antivirus portable jika komputer Anda tidak memperbolehkan instalasi antivirus karena terinfeksi virus.


Namun sayangnya, antivirus berbayar terkadang diperlukan biaya yang cukup mahal, belum lagi biaya update tahunan. Akan tetapi ada beberapa pilihan perangkat lunak antivirus gratis yang bisa didapatkan dengan mudah.

Berikut 9 antivirus gratis terbaik 2014 yang dirangkum dari laman Techradar, Senin (14/4/2014). Semuanya dianggap memiliki kemampuan dan kinerja perlindungan terbaik di kelasnya.


1. Avast Free Antivirus
2. Panda Cloud Antivirus Free
3. ZoneAlarm Free Antivirus + Firewall
4. Avira Free Antivirus
5. Bitdefender Antivirus Free Edition
6. AVG Free Antivirus
7. Emsisoft Emergency Kit
8. FortiNet FortiClient
9. 360 Internet Security 2013


Sumber :
http://www.tempo.co
http://tekno.liputan6.com
http://www.tahupedia.com
http://news.okezone.com