Tuesday, December 16, 2014

Habiskan Jatah Gagalmu Segera


“Setiap manusia mempunyai jumlah gagal masing-masing sebelum menemukan jatah suksesnya“

“Setiap orang punya jatah gagal, habiskan jatah gagalmu ketika kamu masih muda”

Kalimat dari Pak Dahlan Iskan ini sangat memotivasi dan menginspirasi.

Mencoba memulai usaha di masa muda yang merupakan usia produktif karena masih tersimpan cadangan energi yang berlimpah merupakan suatu keunggulan dan keuntungan tersendiri.

Mecoba dan gagal dalam sebuah perjalanan mencoba peruntungan bisnis pasti harus dilalui. Pengalaman adalah guru terbaik, kata orang bijak.

Kegagalan yang "wajib" dialami oleh para pengusaha pemula adalah :
  • Terlalu berpikir atau berhenti di business plan. Terlalu banyak rencana, sedikit bertindak, sehingga pada akhirnya kehabisan energi.
  • Tertipu orang lain
  • Secara pribadi tidak ada kecocokan, semisal sifat, sikap, komunikasi.
  • Beda visi dan misi dengan partner / rekan bisnis sehingga menyebabkan pecah kongsi atau usaha bubar. 
  • Pembagian keuntungan tidak fair sehingga salah satu pihak yang merasa dicurangi.

Bisnis yang baru didirikan memang sangat rentan gagal, terutama di satu sampai tiga tahun pertama. Menurut Small Business Association (SBA) sebanyak 30% dari bisnis baru gagal mencapai tahun keduanya.

Lalu 50% gagal mencapai tahun kelima, dan 66% tidak berhasil beroperasi sampai tahun kesepuluh. Hasil studi mereka juga menunjukkan hanya 25% bisnis yang berhasil bertahan sampai lebih dari lima belas tahun.

Analogi dalam berbisnis anda pasti akan pernah mengalami kegagalan, adalah seperti sewaktu kita kecil dulu saat kita belajar berjalan tentunya kita pernah jatuh. Setiap bayi yang belajar berjalan pasti pernah jatuh. Dan itu merupakan bentuk kegagalan awal.

Thomas Alva Edison yang tetap semangat menemukan karya yang berguna, walaupun sudah lebih dari 9.000 kali mengalami kegagalan.

Bagi Thomas Alva Edison Edison, Jenius adalah: “Genius is : 1 % is inspiration but 99 % is perspiration (Jenius :  1 % adalah inspirasi bawaan sejak lahir, tetapi 99 % adalah perspirasi/hasil keringat/kerja keras)”.

Bila dibandingkan dengan Thomas Alva Edison, tentu kegagalan yang kita alami mungkin belum seberapa.

Tidak ada satu manusia pun di dunia yang terus menerus sukses dalam hidupnya tanpa mengalami kegagalan. Jalan kesuksesan tidak mulus dengan taburan bunga, orang yang berhasil mewujudkan bisnis besar, kerja besar dalam hidupnya.

Kegagalan adalah awal kesuksesan.
Kegagalan adalah sukses yang tertunda.

Habiskan jatah gagalmu. Dan jangan menyerah jika gagal, semua orang memiliki jatah gagal dan berdoalah semoga itu merupakan kegagalan terakhir.