Tuesday, September 20, 2016

Sebelum, Saat dan Setelah Gempa

Saat merapikan file di komputer, tidak sengaja aku menemukan file mengenai safety yaitu kondisi tanggap darurat jika terjadi gempa. File ini tercatat aku dapat pada4 Oktober 2009. Aku baca kembali dan ga ada salahnya aku share.

Sayang sewaktu itu tidak aku catat sumbernya. Namun, aku share demi pengetahuan kita jika terjadi kondisi darurat sebelum gempa, saat gempa dan setelah gempa.

1. Sebelum GempaBersikap tenang dengan lebih mengerti apa yang harus dilakukan. Bersikap tenang pula saat menuruni tangga darurat, karena kita telah mengerti prosedur menghadapi gempa.

2. Saat GempaHal terbaik saat gempa menyerang adalah dengan berlindung di bawah meja, sambil memeluk dengkul kita.Meja ini akan melindungi kita dari kemungkinan tertimpa eternit, atau misalnya barang-barang yang jatuh dari lemari. Tidak harus meja, intinya kita harus berlindung di bawah area keras, seperti meja, adalah cara pengamanan terbaik. Usahakan jangan melangkah bila tidak ada cahaya.

3. Setelah GempaSelama gempa berlangsung, jika kita ada di dalam gedung bertingkat, maka tidak disarankan untuk berusaha keluar. Ini karena daya reaksi kita akan sangat terbatas karena badan limbung digoyang guncangan gempa. Setelah itu, barulah kita menggunakan tangga darurat untuk menuruni lantai. Menggunakan lift, sama sekali dilarang.