Monday, September 5, 2016

Sleepless in Seattle

Destiny is something we've invented because we can't stand the fact that everything that happens is accidental.


Sleepless in Seattle (1993) adalah film drama yang pertama yang aku tonton, dan ternyata film drama itu tidaklah buruk untuk dinikmati. Sebelumnya film favorit yang sering aku lihat di bioskop adalah film bertema action atau film yang bertema thriller.

Waktu itu sekitar tahun 1999, malam hari saat insomnia menjakiti, untuk mengusir aku ambil snack dan susu sambil menyalakan TV dirumah. Di salah satu TV swasta, seingatku adalah SCTV, ada film drama yang sedang diputar, yaitu Sleepless in Seattle.

Menit demi menit, film tersebut mengalir begitu saja. Ceritanya ringan dan tidak serumit sinetron. Dan malam ini, aku nonton lagi film Sleepless in Seattle, melalui aplikasi HOOQ.

Film ini bermula dari kematian istri dari Sam Baldwin (Tom Hanks), untuk mengusir kerinduan yang mendalam, Sam Baldwin pun pindah ke Seatle. Di suatu malam Natal, Jonah Baldwin, anak dari Sam Baldwin menelpon radio dalam program Sleepless in Seattle. Pembawa acara kemudian meminta Jonah untuk memberikan telpon kepada ayahnya. Dan terjadilah dialog curhat yang seru dan haru.

Jonah Baldwin menceritakan ayahnya yang sedang sedih dan galau serta berusaha mencari istri baru. Program Sleepless in Seattle seketika heboh dengan ditandai 2000 orang yang menanyakan ke radio mengenai Sam Baldwin.

Salah satu pendengar radio yang terhanyut akan cerita adalah Annie Reed (Meg Ryan). Saking terobsesinya, Annie bersedia terbang dari belahan Amerika Barat ke Amerika Timur dan berencana menemui Sam Baldwin.

Sebenarnya kedua insan ini sempat bertemu di bandara, namun Annie tidak menyadari. Sedangkan Sam melihat dan terpesona pada pandangan pertama. Sam merasa "I knew I love you before I meet you".

Kemudian Annie singgah ke rumah Sam, saat bertemu di pinggir jalan, Annie hanya mampu berkata "Hallo" dan kemudian kedua insan tersebut berpisah tanpa sempat berjumpa dan bersapa lebih lanjut.

Singkat cerita Jonah nekat pergi naik pesawat sendiri dari Amerika bagian Barat menuju New York yang berada di Amerika bagian Timur tanpa sepengetahuan ayahnya. Seketika Sam yang panik mencari Jonah dan menyusulnya juga dengan menggunakan pesawat.

Jonah yang sudah berada di New York pergi ke gedung Empire State Building untuk mencari Annie dari pagi hingga larut malam. 

Sedangkan Annie yang sedang makan malam di gedung berlainan kemudian menatap ke jendela. Tak dinyana Annie melihat diseberang terlihat gedung Empire State Building. Tanpa ragu Annie turun naik taxi hendak menuju ke gedung Empire State Building. Namun suasana New York yang macet menghambat perjalanan Annie hingga memaksa Annie turun dari taxi dan berjalan setengah lari menuju Empire State Building.

Sam yang sudah berada di Empire State Building akhirnya menemukan anak semata wayangnya. Dan mereka pun berpelukan untuk saling meminta maaf dan kemudian turun gedung.

Saat Sam dan Jonah turun, berpapasan di lift yang berbeda Annie naik lift dan berada di puncak gedung Empire State Building. Namun suasana disana sudah sepi, karena sudah larut malam dan Empire State Building sudah tutup.

Annie pun berkeliling sebentar, lalu di bawah teleskop dia melihat tas anak kecil, dibuka didalamnya terdapat boneka beruang. Saat menemukan boneka beruang tersebut, Jonah bersama Sam naik gedung Empire State Building kembali untuk mencari tas Jonah. Dan akhirnya bertemulah kedua insan tersebut.

Dengan bertemunya Sam dan Annie berakhir pulalah film Sleepless in Seattle.


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Sleepless_in_Seattle