Thursday, January 26, 2017

The Glasses


Barusan pagi ini lihat video pendek dengan judul yang cukup menarik yaitu"The Glasses Conspiracy" dari akun facebook.com/CollegeHumor, yang menyatakan bahwa 80% produk kacamata diproduksi oleh 1 perusahaan.

Perusahaan tersebut adalah Luxottic.

Dalam laman Wikipedia disebutkan bahwa Luxottica Group S.p.A. adalah perusahaan kacamata terbesar di dunia. Luxottica menguasai lebih dari 80% pasar kacamata terkenal di dunia dengan merk yang terkenal yaitu
- Ray-Ban,
- Persol,
- Oakley.
- Alain Mikli
- Arnette
- Eye Safety Systems (ESS)
- K&L (formerly Killer Loop)
- Oliver Peoples
- Sferoflex

Perusahaan ini juga membuat kacamata bermerk seperti
- Giorgio Armani,
- Burberry,
- Stella McCartney,
- Versace,
- Vogue,
- Miu Miu,
- Tory Burch,
- Donna Karan.

Luxottica juga membuat kacamata dan lensa resep untuk beberapa merek desainer seperti
- Chanel
- Prada

Dengan banyaknya merk yang dibuat maka akan tercipta "is the illusion of choice". Dan dengan strategi tersebut maka perusahaan tersebut juga bisa melakukan strategi harga, seperti di video tersebut disebutkan "sometimes charging as much as 20 times what they cost to produce".

Adalah Leonardo Del Vecchio yang merupakan pendiri dan presiden dari Luxottica. Leonardo merupakan orang terkaya kedua di Italia.

Leonardo Del Vecchio lahir di sebuah keluarga miskin Milan pada tahun 1935. Leonardo ingin melakukan sesuatu yang luar biasa, dan ia tidak hanya bermimpi. Dia mulai belajar desain industri di malam hari bersamaan dengan pekerjaan di siang hari.

Dia menemukan gairahnya tentang frame kaca mata, dan pindah ke Agordo, sebuah lembah yang merupakan rumah bagi sebagian besar industri kaca mata Italia. Kemudian, dengan 6 tahun pengalaman kerjanya, ia memutuskan untuk pindah ke bisnis perakitan kacamata dengan nama Luxottica.

Tahun 1967, ia mulai menjual frame kacamata lengkap di bawah merek Luxottica. Leonardo melakukan penelitian demi penelitian untuk memimpin sektor ini dan mengembangkan strategi distribusi.

Visi futuristik Leonardo untuk mengontrol setiap langkah dari proses manufaktur kacamata, bersama dengan keputusan demi keputusan bisnisnya, memimpin kelompok ini untuk memulai kemungkinan akuisisi demi akuisisi di ritel dan distribusi lapangan. Luxottica secara bertahap mengambil alih merek Italia yang terkenal seperti: Lens Crafter, Persol, Vogue, diikuti dengan Ray-Ban, merek ikonik Amerika.

Kini, Luxottica adalah produsen kacamata terbesar di dunia dan memiliki lebih dari 6.000 toko ritel di seluruh dunia. Kerajaan ini meroket di akhir 80-an, ketika Leonardo mendekati desainer Italia Georgio Armani dengan konsep yang baru untuk kacamata modis.


Sumber :
https://www.facebook.com/CollegeHumor/videos/10154022564952807/?pnref=story
https://id.wikipedia.org/wiki/Luxottica
https://studentpreneur.co/blog/seorang-anak-yatim-yang-berjuang-hingga-menjadi-orang-terkaya-kedua-di-italia/