Monday, January 2, 2017

Follow Your Arrow

If you can't lose the weight
Then you're just fat
But if you lose too much
Then you're on crack

Just follow your arrow
Wherever it points, yeah
Follow your arrow
Wherever it points


Kita tidak sedang membahas lagu dari Kacey Musgraves yang berjudul Follow Your Arrow, meski judulnya sama dan sebagian liriknya aku tampilkan di atas. Tapi yang mau aku bahas adalah mengenai hobi memanah.

Tidak bisa dipungkiri hobi memanah ini berawal dari film Arrow yang menampilkan superhero Green Arrow. Untuk kisah detail bisa klik disini. Dari film tersebut kemudian aku mencari informasi mengenai jenis-jenis dari Bow atau busur. Aku rangkum jenis-jenis busur yang ada adalah :
  1. Standard bow
  2. Busur Tradisional
  3. Horse bow
  4. Short bow
  5. Flat bow
  6. Long bow
  7. Recurve Bow
  8. Compound
Untuk lebih detail apa saja yang dimaksud dengan jenis-jenis busur diatas bisa klik disini.

Untuk pilihan busur sebenarnya yang ingin aku pilih adalah yang jenis compound namun karena masih pemula, serta dari segi harga, maka pilihanku jatuh pada busur dengan jenis recurve bow. Busur tersebut aku beli di sebuah lapak di bukalapak.com dengan harga Rp 300.000 ditambah ongkos kirim maka total biaya yang harus dibayarkan adalah Rp 311.187. 


Untuk busur jenis recurve bow ini aku order pada tanggal 12 Desember 2016 dan sampai di rumah pada tanggal 17 Desember 2016, total menunggu 5 hari.


Kemudian untuk anak panah atau arrow, ada 3 jenis yang bisa kita pilih. Yaitu yang terbuat dari fiber, aluminium dan bambu. Untuk mencobanya, maka ke-3 jenis arrow tersebut aku beli. Dimana harga masing-masing anak panah beragam mulai dari bahan fiber yang paling mahal yaitu Rp 42.000, dari bahan aluminium yang medium yaitu Rp 27.900 dan yang terbuat dari bambu dengan harga Rp 10.000.


Untuk arrow aku order di 2 lapak dari bukalapak.com, yang pertama aku order untuk arrow dari fiber dan aluminium pada tanggal 27 Desember 2016 dan sampai di rumah pada tanggal 30 Desember 2016, total menunggu 3 hari. Untuk arrow dari bahan bambu aku order pada tanggal 01 Januari 2017.

Mana dari ketiga anak panah tersebut yang terbaik? Nantikan artikel selanjutnya.

Selain bow dan arrow, peralatan yang perlu dipersiapkan adalah face target atau target panah atau sasaran panah. Untuk face target jika hendak membuat sendiri silahkan, namun jika ingin praktis bisa dibeli di bukalapak.com, harganya adalah Rp 10.000.


Sumber :
https://www.youtube.com/watch?v=kQ8xqyoZXCc
http://www.azlyrics.com/lyrics/kaceymusgraves/followyourarrow.html