Wednesday, January 18, 2017

Silhouette

Dalam dunia fotografi sebenarnya gambar yang paling aku sukai adalah hasil gambar atau hasil foto berupa bayangan hitam yang disebut dengan Silhouette. Pernah terlintas mengapa gambar berbentuk bayangan hitam tersebut diberi nama Silhouette? Namun masih belum pernah secara spesifik untuk mencari asal usul nama Silhouette tersebut.

Hingga akhirnya malam ini aku mendengar perbincangan di televisi yang menyinggung mengenai Silhouette. Dijelaskan sepintas asal usul nama Silhouette berasal.

Istilah Silhouette diambil dari seorang nama menteri keuangan dari Perancis pada tahun 1759 yaitu Etienne de Silhouette. dimana saat itu negara Perancis dilanda krisis kredit selama masa “Perang Tujuh Tahun”. Sehingga negara Perancis memberlakukan pajak yang tinggi terutama pada orang kaya. Selain itu juga diambil langkah pemulihan ekonomi dengan melakukan penyitaan dan peleburan emas maupun perak.

Etienne de Silhouette mempunyai hobi membuat potret di kertas. Sehingga warga Perancis menyebut sesuatu yang dihargai begitu murah dengan menggunakan istilah “Silhouette”.

Sumber lain menyebutkan bahwa Etienne de Silhouette suka menggunting foto wajah tampak samping dari orang lain, sehingga foto wajah tampak dari samping disebut sebagai foto Silhouette.


Sumber :
http://kamuslengkap.com/kamus/inggris-indonesia/arti-kata/silhouette
http://bilikvisualart.blogspot.co.id/2013/02/trik-karya-poto.html?m=1
http://blog.kameradroid.com/artikel/apa-itu-silhouette-siluet-photography.html
https://mamanunung.wordpress.com/2010/11/22/10-kata-dan-asal-usulnya/